Mahasiswa Politeknik Caltex Riau

PCR Fasilitasi Pelatihan Merakit Robot Line Follower

Diterbitkan pada 17 May 2013 , 4:52 pm 1 Komentar

PCR – Himpunan Mahasiswa Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) fasilitasi pelatihan merakit robot line follower analog yang diikuti siswa SMA / SMK se-Pekanbaru ini. Helatan ini dijadwalkan berlangsung Kamis (23/5) di PCR.

Panitia acara, Rian Rifandi, mengatakan, workshop merupakan satu rangkaian kegiatan dengan lomba line follower, yang akan berlangsung 31 Mei dan 2 Juni di Gramedia Sudirman, Pekanbaru. “Kegiatan pelatihan ini satu rangkaian dengan kegiatan lomba yang kami selenggarakan. Sebelum siswa-siswi ini berlomba, kami berikan pelatihan terlebih dahulu,” kata Rian, kepada Tribun, Rabu (15/5) siang.

Mereka telah mengirimkan undangan ke 24 sekolah SMA/SMK untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Masing-masing sekolah berhak mengirimkan dua tim perwakilan. Satu tim terdiri dari tiga orang pelajar. Setiap tim dikenakan biaya pendaftaran Rp 100 ribu, sekaligus sebagai biaya pendaftaran lomba. Bagi yang sudah membayar, dapat mengikuti workshop selama satu hari dengan peralatan yang sudah disediakan panitia.

Selama satu hari, para peserta akan diajarkan dasar-dasar mengenai robot line follower. Masing-masing tim, akan dibimbing satu mentor yang merupakan mahasiswa jurusan mekatronika. “Selama satu hari, kami berikan materi pengenalan komponen, dan pembuatan rangkaian,” katanya.

Sedangkan untuk perakitan, robot akan diberikan oleh masing-masing pembimbing di setiap tim, usai pelatihan tersebut. Sebelum perlombaan dimulai, masing-masing tim akan diajarkan oleh para pembimbing untuk membuat robot line follower analog. Sesuai dengan tema “Mekatronika go Public”, tujuan kegiatan workshop dan lomba, untuk mengenalkan jurusan mekatronika kepada masyarakat, terutama kalangan pelajar. Sebab, masih banyak pelajar yang belum mengetahui jurusan Mekatronika di PCR.

“Kami coba buat suatu terobosan baru, dengan mengadakan lomba robot line follower ini. Kami harapkan, lomba ini dapat menarik minat para siswa terhadap Mekatronika,” katanya.

 

 

Dikutip dari Koran Tribun Pekanbaru

Tim Media PR Marketing PCR
Jl. Umban Sari No. 1
Rumbai, Pekanbaru
0761 – 53939
08117580101

 

recommend to friends

1 Komentar
Tinggalkan Komentar
  • Nama:
  • Email:
  • Komentar:
Mulyadi

https://www.facebook.com/linetrackingcompetition?ref=ts

Atas