Mesjid Madinatul 'ilm

Mesjid

Salah satu kebanggaan warga PCR khususnya warga muslim PCR adalah adanya pusat ibadah dan pusat dakwah yaitu Masjid Madinatul ‘Ilmi. Jika diartikan secara harfiah berarti Kota Ilmu. Melalui nama ini para pendiri kampus ini mencita-citakan agar PCR menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan.

Lokasi masjid sangat strategis yaitu berada di tengah-tengah kampus. Ruangan direktur, kantin, Student Center, Auditorium, Amphi Theater dan Perpustakaan langsung berhadapan dengan masjid ini. Ada harapan yang tersirat yaitu setiap warga kampus mulai dari direktur hingga mahasiswa selalu ingat sholat dan tidak larut dalam kegiatan-kegiatan akademik/non akademik. Masjid yang didirikan tahun 2003 berukuran 20m x 20m ini cukup unik. Diantara keunikannya adalah masjid ini dibangun dari pipa-pipa minyak bantuan PT Caltex Pacific Indonesia. Sisi kiri dan kanan masjid ini tanpa dinding sehingga menyerupai pendopo dengan sirkulasi udara yang amat lancar.

Keunikan lainnya adalah jika dilihat dari luar maka akan nampak ciri khas melayu yaitu adanya kemiripan serambi kanan, kiri dan bagian belakang masjid dengan istana Siak yang ada di Provinsi Riau. Selain digunakan untuk tempat ibadah sholat, masjid ini juga dijadikan sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI). Kolaborasi pengurus masjid dan UKMI inilah yang membuat kegiatan-kegiatan di masjid ini menjadi semarak. Berbagai helat dilaksanakan disini antara lain Tabligh Akbar, MTQ tingkat mahasiswa, Mentoring, Tahsin bacaan Quran, buka puasa bersama, Qurban di hari Raya Idul Adha dan kegiatan keagamaan lainnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan