PCR Berkomitmen Mendidik Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0

Pekanbaru (2/5) - Menyambut Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019, Politeknik Caltex Riau (PCR) terus berkomitmen mendidik generasi muda untuk menjadi generasi emas yang berkarakter, memiliki kreativitas tinggi dan bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

 

Menjelang 18 Tahun PCR, inovasi-inovasi di bidang teknologi tepat guna, serta digitalisasi dan automasi terus dilakukan. Mulai dari layanan akademik, pembelajaran, penelitian dan pengabdian, tata kelola keuangan, kepegawaian dll, telah menggunakan sistem berbasis elektronik.

Dosen dan mahasiswa juga berperan penting dalam perkembangan pendidikan. Mahasiswa dituntut untuk memiliki kreatifitas dan inovasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang tengah berkembang.

Direktur PCR, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid mengatakan, dalam kurun waktu empat tahun, jumlah riset dosen dan tugas akhir mahasiswa PCR terkait Revolusi Industri 4.0 sudah cukup banyak.

"Sistem Pendeteksi Parkir Liar (SiPePLi), Integrated Water Springkler System (IW2S), Electrical Distribution Disturbance System (ED2N), merupakan salah satu contoh riset dan tugas akhir mahasiswa yang sudah menerapkan konsep Revolusi Industri 4.0," ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa dari inovasi tersebut mendapatkan hibah dari Kemenristekdikti dan telah digunakan oleh perusahaan. 

"SiPePLi dan IW2S merupakan salah satu dari beberapa riset dosen yang meraih hibah dari Kemenristekdikti melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT). Sedangkan ED2N merupakan karya mahasiswa Teknik Elektronika yang sudah digunakan oleh PLN Koto Tuo, Sumatera Barat dan juga berhasil meraih juara 1 pada Lomba Cipta Kepastian yang diselenggarakan Kemenristekdikti pada tahun 2018," tambahnya.

Sebaran kerja alumni tidak lagi sebatas pada industri minyak dan gas. Alumni PCR juga merambah perusahaan-perusahaan start up, bahkan alumni PCR juga telah mendirikan Start Up seperti Marlin Booking dan Cangkirware. Selain itu, sebaran penempatan kerja para alumni tidak hanya di Riau saja, namun sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia dan Luar Negeri seperti di Qatar, Arab Saudi,India dll.

Segenap Civitas Akademika Politeknik Caltex Riau mengucapkan, Selamat Hari Pendidikan Nasional 2019. Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

  • Berita
Bagikan ke teman