Tingkatkan Kualitas Lulusan, 457 Mahasiswa PCR Ikuti Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi

Pekanbaru (15/5) – Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali mengadakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir. Program pelatihan dan sertifikasi ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, Rabu (15/05/2019).

 

Sebagai penyelenggara sertifikasi kompetensi, LSP PCR melakukan seleksi terhadap mahasiswa yang berminat untuk mengikuti pelatihan dan uji kompetensi sertifikasi BNSP. Sebanyak 457 Mahasiswa mengikut program ini yang diadakan sejak tanggal 7 hingga 17 Mei 2019 di Kampus Politeknik Caltex Riau.

“Program pelatihan dan sertifikasi ini bertujan untuk meningkatkan kualitas dan pengakuan terhadap kompetensi para mahasiswa PCR ketika lulus nanti. Sertifikasi ini berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga para calon lulusan siap bersaing di dunia kerja baik skala nasional maupun internasional,” Kata Sugeng Purwantoro, S.T., M.T selaku Manajer Sertifikasi LSP Politeknik Caltex Riau.

Ia juga menambahkan, program pelatihan dan sertifikasi kompetensi yang diadakan LSP PCR tahun ini berjulmah 9 skema sertifikasi dengan jumlah Assessor 44 orang.

“Skema sertifikasi ditujukan untuk para mahasiswa dari 10 program studi yang ada di Politeknik Caltex Riau. Skema-skema sertifikasi yang diikuti oleh para mahasiswa antaralain adalah Database Programming Supervisor, Programmer, Junior Network Administrator, Juru Las 1, Juru Las 2, Pengoperasian Peralatan Listrik dan PLC, Pengoperasian Instrumentasi Proses Kontrol, Teknisi madya Jaringan Komputer dan Teknisi Akuntansi Pratama,” tambahnya.

Sementara salah satu Mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi, Ody Rifandi mengaku terbantu dengan adanya program sertifikasi yang diperolehnya selama berkuliah di Politeknik Caltex Riau.

“Kami sangat terbantu dengan adanya program pelatihan dan sertifikasi ini. Selama kuliah disini, saya sudah mengikuti 5 sertifikasi yakni sertifikasi CCNA 1, CCNA 2, Sertifikasi Mikrotik Winbox, Sertifikasi Teknik Madya Jaringan Komputer serta Teknisi Instalasi Listrik dan Daya Penerangan Satu Fasa,” katanya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa program sertifikasi ini sangat penting dan bisa menjadi pendamping ijazah yang berfungsi sebagai bukti terhadap kompetensi yang dimiliki sehingga perusahaan dapat mempertiimbangkan kemampuan dan skill.

Di-Era Revolusi Industri 4.0, Politeknik Caltex Riau terus berkomitmen untuk meningkatkan skill dan kemampuan mahasiswa agar bisa bersaing baik skala Nasional maupun Internasional. Salah satu cara yakni memberikan para mahasiswa sertifikasi kompetensi sesuai pada bidangnya dengan trainer yang berpengalaman dan tersertifikasi.

  • Berita
Bagikan ke teman