Politeknik Caltex Riau Raih 18 Hibah Penelitian Tahun 2017 dari KemenristekDIKTI

Awal tahun 2017, Kemenristek DIKTI telah mengumumkan pemenang Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang telah diajukan dan dievaluasi pada tahun 2016. Berdasarkan

 

rilis berikut, Politeknik Caltex  Riau (PCR) berhasil mendapatkan 18 Hibah Penelitian. PCR menjadi Politeknik swasta terproduktif dalam hal penelitian di Kopertis X. Jika dilihat secara keseluruhan, PCR menempati posisi 7 terbanyak di Wilayah Kopertis X.

Pada tahun 2016, jumlah hibah penelitian ilmiah PCR yang dibiayai Kementrian Riset dan DIKTI adalah sebanyak 15 Hibah. Jumlah ini meningkat pada tahun 2017 menjadi 18 Hibah. Hibah yang didapatkan pada tahun 2017 terdiri dari 2 Judul Penelitian Skema Disertasi Doktor, 3 Judul Penelitian Skema Produk Terapan, 2 judul Penelitian Skema Fundamental dan 11 Judul Penelitian Skema Dosen Pemula. Jika dilihat dari skema hibah, tahun 2017 Politeknik Caltex Riau mendapat 4 skema hibah. Dimana pada tahun 2017 PCR hanya memperoleh 3 skema hibah. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya iklim penelitian di Politeknik Caltex Riau. Selain itu, peningkatan jumlah penelitian juga diikuti dengan meningkatnya jumlah Publikasi Ilmiah yang dilaksanakan Dosen PCR pada tahun 2016. Peningkatan jumlah ini membuat Politeknik Caltex Riau masuk ke dalam Cluster Madya berdasarkan data yang dirilis KemenristekDIKTI pada tahun 2016.

Menanggapi hal itu, Pembantu Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Ihsan Zul, menyampaikan bahwa prestasi itu harus jadi pelecut bagi civitas akademika Politeknik Caltex Riau untuk lebih giat dalam melakukan penelitian. Diharapkan, penelitian dosen tidak hanya sampai pada tahap pelaporan hasil penelitian, tetapi harus sampai pada tahap lanjutan, berupa publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan. Sehingga dapat diunduh, dibaca dan dijadikan sebagai rujukan ilmiah bagi peneliti maupun akademisi lain,” ujar Ihsan.

Politeknik Caltex Riau selalu berupaya meningkatkan kontribusi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan terus dilakukannya peningkatan kualitas dan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan dosen.

  • Berita
Bagikan ke teman