Dukung UMKM Riau Naik Kelas, Dosen PCR Hibahkan Website E-Comerce untuk UMKM Rumah Lemon

Pekanbaru (7/9) – Dalam rangka mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Riau naik kelas, sejumlah dosen Politeknik Caltex Riau hibahkan website E-Comerce untuk UMKM Rumah Lemon. Pekanbaru, Senin 5 September 2022.

 

Kegiatan Hibah website tersebut merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam pengembangan website ini adalah Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng., Silvana Rasio Henim, S.S.T., M.T., Istianah Muslim, S.T., M.T., Shumaya Resty Ramadhani, S.S.T., M.Sc., Jan Alif Kreshna, S.S.T., M.Sc. Selain itu, mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan ini, mereka adalah Fanny, Boby Hartanto, dan Harlem Sulung.

Rumah Lemom Pekanbaru (RLP) merupakan usaha rumahan yang memanfaatkan lemon lokal yang diolah menjadi beberapa produk kesehatan, kecantikan dan minuman. Sebelumnya RLP sudah memiliki website e-commerce untuk mempromosikan produk yang dijual, namun website tersebut belum mampu mengakomodir kebutuhan pemilik usaha ini, salah satunya fitur untuk mengakomodir transaksi langsung ke akun perbankan RLP.

“Website ini dikembangkan dengan menggunakan plugin WooCommerce yang tersedia pada Wordpress. Dengan adanya tambahan ini, media sosial dan pembayaran perbankan akan terhubung langsung dengan website ini sehingga akan memudahkan pemilik usaha dalam proses transaksi dan mempromosikan produknya ” terang Rika.

Proses serah terima ini dilakukan di kediaman pemilik usaha sekaligus lokasi usaha di Perumahan Kartama Raya, Kecamatan Marpoyan, Pekanbaru. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima dilakukan oleh Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng. selaku ketua tim dan Ariefna Amini selaku pemilik usaha.

Pemilik usaha RLP, Ariefna Amini, mengucapkan terima kasih kepada tim pengembang dan mengaku merasa terbantu dengan fitur yang tersedia di dalam website tersebut dan berharap bisa memperluas jangkauan pemasaran sehingga meningkatkan daya jual produk RLP secara online

  • Berita
Bagikan ke teman