Politeknik Caltex Riau dan Citraweb Adakan Pelatihan Sertifikasi Dasar MikroTik bagi Guru-Guru SMK

Politeknik Caltex Riau (PCR) bekerjasama dengan Citraweb Nusa Infomedia mengadakan Pelatihan MikroTik di Kampus PCR yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Februari – 3 Maret 2017 dengan tema MikroTik for Teachers. Pelatihan dilaksanakan 1 harian penuh mulai pukul 08.00  - 16.30 WIB setiap harinya. Jumlah peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 28 Orang yang terdiri dari Guru-Guru SMK se Riau.

Pelatihan ini ditujukan kepada para guru-guru SMK di Provinsi Riau umumnya dan Pekanbaru khususnya untuk dapat menjadi seoranng trainer dan diharapkan dapat mengajarkan tentang MikroTik di sekolahnya masing-masing. “Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan guru-guru untuk menjadi MikroTik akademi trainer yang berpengalaman di institusinya masing-masing,” ungkap Sugeng Purwantoro E.S.G.S, S.T., M.T. selaku Pembantu Direktur III bidang Kerjasama.

 

MikroTik adalah sebuah perusahaan vendor software dan hardware, perusahaan ini bertempat di Riga, Latvia (Eropa Utara)yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Produk yang dihasilkan oleh MikroTik ini adalah RouterBoard yaitu Hardware untuk MikroTik Router OS (MikroTik Router Operating System).

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan sertifikasi dasar atau MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) jika lolos dalam proses ujian yang akan dilaksanakan diakhir kegiatan training. pembelajaran ini akan berguna untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan sebuah pengenalan tentang perusahaan MikroTik dan sebuah pembelajaran pengenalan perangkat MikroTik secara ringkas, bagaimana cara mengkoneksi ke MikroTik untuk pertamakalinya. Harapan dari pelaksanaan training ini adalah bahwa peserta harus bisa lolos ujian MTCNA sebanyak 75% dari total jumlah peserta yang mengikuti kegiatan training ini, ujar pak Novan Chris, Instruktur Citra Web.

Dalam rangkaian seluruh kegiatan, 3 hari para peserta akan diberi pelatihan seputar MikroTik. Sementara pada hari ke-4 peserta akan diuji terhadap semua materi yang sudah disampaikan pada 3 hari sebelumnya. “Apabila mereka lulus dan mendapatkan nilai minimal 75 mereka dapat diakui sebagai trainer dan dapat melanjutkan ke tingkat engineering seperti MTCRE, MTCWE, MTCTCE dan MTCUME,” imbuh pak Fadhly sebagai ketua pelaksana kegiatan training ini.

Harapannya kedepan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini, Politeknik Caltex Riau bersama Citraweb tetap akan selalu terdepan dalam rangka peningkatan kualitas dan kompetensi Guru-Guru SMK yang ada di Provinsi Riau dan mungkin bisa menularkan ke Provinsi-Provinsi yang ada disekitar Riau. PCR akan selalu menjadi Center Of Excellent di bidang IT dan Jaringan. Dan PCR dapat memberikan kontribusi yang luar biasa dalam peningkatan mutu dan kualitas guru di Provinsi Riau.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar