Mahasiswa Kerja Praktek PCR Ciptakan Alat Pendeteksi Untuk PT.PLN (Persero)

Pekanbaru (15/1/2018) – Salah satu tujuan Politeknik Caltex Riau (PCR) adalah menyelenggarakan program studi berkualitas yang berbasis kepada kebutuhan tenaga ahli pada industri Nasional maupun Internasional. Hal inilah yang telah berhasil dibuktikan oleh salah seorang mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika PCR. Adalah Niko Setiawan, mahasiswa Program Studi D3 Teknik Elektronika yang telah melaksanakan Kerja Praktek (KP) di PT. PLN (Pesero) Koto Tuo Area Bukittinggi, Sumatera Barat. Mahasiswa yang memulai Kerja Praktek (KP) nya sejak September 2017 hingga 4 Januari 2018 lalu ini membuat suatu alat yang bermanfaat bagi perusahaan.  

 

Berawal dari adanya tujuan PT. PLN (Persero) Koto Tuo Area Bukittinggi untuk meningkatkan pelayanan terhadap distribusi listrik di daerahnya, membuat mahasiswa kerja praktek ini berusaha memberikan solusi terhadap kondisi tersebut. Berdasarkan pemikiran itu, Niko Setiawan akhirnya membuat suatu alat yang dinamakannya Alat Pendeteksi Gangguan Jaringan Distribusi PLN 3 Phasa  untuk area Bukittinggi.  

“Alat pendeteksi ini akan dipasang pada ujung feeder penyulang. Dengan adanya alat pendeteksi ini, supervisor atau petugas layanan teknik dapat langsung menerima informasi secara real time tentang kondisi daerah atau area yang mengalami listrik padam. Listrik padam ini bisa disebabkan karena terencana atau dijadwalkan atau juga dapat disebabkan karena gangguan. Alat ini dapat memberikan kedua informasi tersebut. ”, jelas Niko.

Alat Pendeteksi Gangguan Jaringan Distribusi PLN 3 Phasa  ini dibuat menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno R3, Modul GSM yang berfungsi sebagai alat transfer informasi ke supervisor atau petugas layanan teknik, serta sensor tegangan yang berfungsi mendeteksi ada atau tidaknya tegangan pada jaringan distribusi listrik. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan LCD dan Lampu Indikator yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang dihasilkan.

Menurut Niko, alat pendeteksi ini diterima baik oleh perusahaan dan sampai saat ini telah digunakan di PT. PLN (Persero) Koto Tuo, Area Bukittinggi. Ia juga berharap kontribusi yang diberikan kepada perusahaan ini dapat terus bermanfaat dan dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Di PCR, setiap mahasiswa wajib menyelesaikan Kerja Praktek di perusahaan atau industri pada masa studinya. Dengan adanya kerja praktek ini, mahasiswa dapat belajar serta mempraktekkan ilmu yang diperoleh diperkuliahan secara langsung di lapangan kerja serta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada perusahaan. Dan satu lagi, prestasi ini telah berhasil dibuktikan oleh mahasiswa Teknik Elektronika, Niko Setiawan.

 

Bagikan ke teman

Komentar