Bangun Aplikasi To Do List Berbasis Android Untuk Guru SMK

Pekanbaru – Salah satu program pemerintah terhadap guru pembelajar tahun 2016 adalah penguasaan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Khususnya bagi guru SMK yang wajib untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik dengan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Di era digital saat ini, metode pembalajaran menggunakan aplikasi menjadi pilihan sekolah. Berangkat dari latar belakang tersebut, dosen Jurusan Komputer Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali melakukan workshop terhadap guru SMK dalam hal pembangunan aplikasi yang berbasis Android.

 

Workshop yang merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan pada Sabtu, (9/12/17) lalu di kampus PCR dengan mengangkat materi tentang konsep Software Development Life Cycle (SDLC), praktik penggunaan tools StarUML untuk perancangan  Use Case Diagram dan Activity Diagram, serta praktik penggunaan Android Studio untuk implementasi pembangunan aplikasi Android.

“Hasil dari workshop ini akan membangun sebuah aplikasi To Do List yang berfungsi untuk membantu guru dalam mencatat kegiatan – kegiatan pembelajaran yang dilakukan,” jelas Ibu Yuli Fitrisia, S.T.,M.T.

Ia juga menambahkan, aplikasi To Do List ini juga memiliki fitur penambahan kegiatan maupun menghapus kegiatan yang telah dibuat sehingga guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi ajar serta aplikasi ini dapat menjadi alternatif materi pembelajaran di sekolah.

Pada kegiatan workshop ini, para guru tidak hanya disuguhkan materi tentang proses membangun aplikasi To Do List, namun dapat juga langsung membangun suatu aplikasi dari awal hingga akhir. 

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar