Universitas Islam Riau Kunjungi Politeknik Caltex Riau untuk Studi Banding Pengelolaan Keuangan dan Tracer Study Alumni

Pekanbaru – Kamis, 1 November 2018 Politeknik Caltex Riau menerima kunjungan rombongan Universitas Islam Riau (UIR) yang dipimpin oleh Ketua Pengurus Harian YPLI Zulfikar Ahmad S.H., M.H. beserta jajarannya. Diantara rombongan UIR yang hadir adalah Wakil Rektor II Ir. H. Asrol, M.Ec. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi banding mengenai tata kelola keuangan, perpajakan dan tracer study yang dilakukan Politeknik Caltex Riau. 

 

Rombongan UIR disambut oleh Pembantu Direktur Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Umum Heri Ribut Yuliantoro, SE., M.Ak.,Akt., CA.. Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Heri dan kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Zulfikar sembari menjelaskan maksud dan tujuannya melakukan studi banding ke PCR. Perwakilan PCR yang menghadiri kegiatan ini antara lain Pembantu Direktur Bidang Kerja Sama, Bisnis dan Pemasaran Muhammad Ihsan Zul, M.Eng, Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) Robinar Djajadisastra S.H., LLM, Badan Penjaminan Mutu PCR dan perwakilan bagian keuangan PCR. 

Kegiatan ini diisi dengan diskusi dan presentasi mengenai pengelolaan keuangan yang dilakukan PCR. Pengelolaan keuangan PCR dilakukan secara transparan dan akuntabel dengan menggunakan sistem informasi terintegrasi. Melalui kegiatan ini juga disampaikan bahwa pengelolaan keuangan PCR diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) dan hasilnya selalu dipublikasikan. "Pelaksanaan Audit keuangan oleh KAP memberikan manfaat yang sangat besar dalam pengelolaan keuangan", ujar Robinar yang menjabat ketua pengurus YPCR pada tahun 2007 hingga 2017. 

Selain membahas tentang keuangan, diskusi juga diarahkan tentang program pensiun yang diterapkan di PCR. YPCR sebagai yayasan yang menaungi PCR memiliki perhatian yang besar terhadap hari tua pegawai. Program hari tua yang dijalankan PCR sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Pengaturan program hari tua ini secara tegas dicantumkan di dalam Peraturan Kepegawaian Yayasan Politeknik Chevron Riau. 

Presentasi terakhir yang disampaikan adalah tentang pelaksanaan Tracer Study di Politeknik Caltex Riau. Politeknik Caltex Riau telah menerima hibah Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan dalam kurun waktu 3 tahun. Program tersebut sangat membantu PCR dalam pengelolaan pusat karir dan pelaksanaan tracer study (penelusuran alumni) sejak tahun 2016. "Sejak tahun 2016, capaian responden yang mengisi tracer study PCR selalu di atas 80%, bahkan tahun 2018 capaian meningkat hingga 90%" ujar Ihsan. "Hal ini tidak lepas dari usaha yang konsisten dilakukan tim tracer study dan sivitas akadmeika PCR" lanjutnya. PCR juga memberikan buku capaian tracer study tahun 2018 PCR kepada perwakilan UIR yakni Dr. Kasman Arifin. Buku tersebut merupakan hasil tracer study tahun 2018 yang dilaksanakan PCR dan akan dipublikasikan dalam kegiatan Seminar Hasil  Program PKPKL di Ballroom Bintang Bali Resort, Kuta Bali.

Setelah pemaparan tersebut Zulfikar menyampaikan bahwa “Banyak yang bisa kami pelajari dari Politeknik Caltex Riau. Mulai dari sistem penganggaran, pajak, pensiun hingga perkembangan-perkembangan terhadap alumni kita dapat informasi dari pertemuan ini. Mudah-mudahan kami bisa berkunjung kembali jika ternyata ada hal lain yang perlu kami pelajari.” 

Kunjungan tersebut ditutup dengan penyerahan plakat dari kedua institusi dan berfoto bersama. Kegiatan studi banding ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan tali silaturahmi antar perguruan tinggi khususnya di kota Pekanbaru. Melalui kunjungan ini mudah-mudahan dapat dibentuk kerja sama yang dapat meningkatkan peran kedua institusi dalam memejukan SDM di bumi melayu Riau.

  • Berita
Bagikan ke teman