Tingkatkan Skill Produktif Guru SMK, Dosen PCR Berikan Pelatihan Modul Praktik Sistem Komputer

Pekanbaru (23/9) - Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan kepada guru SMK jurusan TIK se- Pekanbaru di Kampus Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, Riau.

 

Pendampingan perguruan tinggi dalam meningkatkan jumlah guru produktif di SMK sangat dibutuhkan. Politeknik Caltex Riau sebagai salah salah perguruan tinggi memberikan pelatihan modul praktik sistem komputer. Pelatihan penggunaan modul praktik sistem komputer untuk MGMP TIK SMK se-Pekanbaru merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masayarakat (PkM) Kompetitip yang didanai oleh PkM DRPM RISTEKDIKTI 2019 dan didukung oleh Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP2M) Politeknik Caltex Riau. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 September 2019 di kampus Politeknik Caltex Riau. Made

Rahmawaty sebagai ketua kegiatan PkM menyatakan pada kegiatan ini guru tidak hanya dilatih dalam penggunaan modul praktik tetapi juga diberikan metode pengajaran yang efektif agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan, juga dikembangkan jobsheet yang dapat digunakan guru dan siswa dalam menilai langsung kemampuan pemahaman materi yang diberikan.

Pada hari terakhir kegiatan dilibatkan masing-masing dua siswa dari setiap sekolah yang mengikuti pelatihan dengan tujuan menerapkan secara langsung modul parktik, job sheet dan metode pengajaran yang diberikan selama pelatihan. ia juga mengatakan bahwa modul dan jobsheet yang digunakan selama pelatihan ini sangat bermanfaat.

"Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan ke guru dan siswa rata-rata menyatakan modul dan jobsheet yang digunakan sangat jelas, mudah dipahami dan juga sangat bermanfaat untuk mata pelajaran sistem komputer. Para guru berharap terus ada kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru yang dilakukan oleh Politeknik Caltex Riau," pungkasnya

  • Berita
Bagikan ke teman