Kembangkan Penelitian Biomedik, Program Studi Teknik Elektronika PCR Gelar Pelatihan Instrumentasi dan Pengolahan Sinyal Biomedik

Pekanbaru (7/11) – Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Caltex Riau menggelar pelatihan instrumentasi dan pengolahan sinyal biomedik pada hari Rabu,6 November 2019 di Gedung Direktorat R. 203.

 

Pelatihan ini diikuti sebanyak 15 peserta yang merupakan dosen dari program studi Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika Telekomunikasi dan Teknik Mekatronika. Kegiatan ini menghadirkan nara sumber Dr. Achmad Rizal, S.T., M.T. yang juga merupakan staff pengajar di Telkom University.

Ketua Program Studi Teknik Elektronika Putri Madona, S.ST., M.T. mengatakan bahwa saat ini Politeknik Caltex Riau belum memiliki Program Studi Teknik Biomedik, namun penelitian terkait bidang ini sudah cukup banyak dilakukan oleh para dosen di PCR.

“Saat ini perkembangan penelitian terkait biomedik di lingkungan PCR sudah banyak dilakukan. Dari beberapa judul terkait biomedik juga sudah ada yang didanai oleh berbagai Skim Hibah Ristekdikti. Maka dari itu, kita perlu melakukan training dan sharing keilmuan yang dapat menambah pengetahuan para dosen untuk dapat lebih mengembangkan penelitiannya,” ujarnya

Dhona juga mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Politeknik Caltex Riau. Narasumber yang menjadi pembicara pada pelatihan ini merupakan salah satu dosen yang memiliki banyak penelitian tentang biomedik dan sudah dipublish di beberapa jurnal internasional.

“Dr. Achmad Rizal ini salah satu dosen yang memiliki banyak penelitian tentang biomedik. Kita mengundangnya untuk memberikan wawasan yang lebih luas bagi para peserta yang tertarik dengan biomedik, sehingga dapat mengimplementasikan ilmunya ke dalam penelitian baik antar dosen maupun dengan mahasiswa. Selain itu juga membuka peluang kerjasama antara PCR dengan Telkom University di Penelitian Biomedik,” katanya

Pelatihan ini membahas tentang dasar teknik biomedis, instrumentasi dan pengolahan sinyal biomedik. Ada beberpa point penting yang disampaikan pada presentasinya antara lain adalah bahwa teknik biomedik adalah gabungan dari banyak sekali disiplin ilmu, maka kolaborasi adalah cara terbaik untuk mengembangkannya. Dan teknik biomedik melibatkan sinyal dengan amplitude dan frekuensi yang rendah, sehingga cukup sulit, namun sangat menarik karena sinyal-sinyal yang diolah sangat dekat dengan diri kita sendiri, yakni sinyal dari berbagai organ tubuh.

Dengan adanya pelatihan ini harapannya penelitian terkait biomedik di PCR semakin berkembang, menghasilkan karya- karya ilmiah yang bermutu baik dan suatu saat nanti mampu menghasilkan alat- alat bantu medis yang bisa digunakan secara luas, pungkas Putri Madona yang juga menjadi Ketua Kegiatan.

 

  • Berita
Bagikan ke teman