Himpunan Mahasiswa Akuntansi PCR Gelar Olimpiade Akuntansi ke-16

Pekanbaru (20/1) - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) PCR, kembali menggelar Inter High School Accounting Olympiad (IHSAO) ke-XVI tahun 2020. Olimpiade ini digelar selama dua hari pada tanggal 18 – 19 Januari 2020 di Kampus Politeknik Caltex Riau.

Pada tahun ini, IHSAO mengangkat tema Be the Next Professional Accounting Generation. Kompetisi dibidang akuntansi ini, tahun ini diikuti 17 sekolah dimana 13 sekolah berasal dari Kota Pekanbaru dan 4 sekolah berasal dari luar Pekanbaru yakni Batusangkar, Duri, Pangkalan Kerinci, dan Kampar.

Beda seperti penyelenggaraan olimpiade tahun-tahun sebelumnya. IHSAO tahun ini, melombakan empat cabang lomba yaitu MYOB, olimpiade, mading 3D dan karya tulis ilmiah. Selain itu, pada kegiatan ini juga diisi dengan sharing session dari anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang juga merupakan dosen Program Studi Akuntansi PCR, Heri Ribut Yuliantoro, S.E., M.Ak., Ak., CA dengan tema cloud accounting, akuntansi djaman now dan kegiatan pasar modal dari MNC Sekuritas.

Ketua Program Studi Akuntansi, Yefni, S.E., M.Acc mengatakan bahwa IHSAO setiap tahun diadakan untuk memberikan nuansa baru di bidang ilmu akuntansi di Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, tahun ini jumlah peserta yang mengikuti ISHAO merupakan peserta terbanyak selama kegiatan ini dilaksanakan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Bukopin sebagai sponsor utama dalam kegiatan ini dan pihak lainnya yang turut mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujarnya

Ia juga menegaskan bahwa tujuan dilaksanakan IHSAO ini adalah untuk memperkenalkan Program Studi Akuntansi Politeknik Caltex Riau, update perkembangan pengetahuan di bidang akuntansi, serta sarana untuk mengukur kemampuan masing-masing sekolah agar lebih kompetitif lagi.

Selain itu, terdapat perbedaan konsep perlombaan IHSAO pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya yakni pada lomba olimpiade.

“Lomba olimpiade akuntansi terdiri dari 3 rangkaian yaitu multiple choice, kasus, dan cerdas cermat. Nilai rata-rata tertinggi dari multiple choice dan kasus berhak mengikuti cerdas cermat,” pungkasnya

Pada IHSAO tahun ini, Juara umum kembali diraih oleh SMA Darma Yudha Pekanbaru. Adapun rincian pemenang pada olimpiade ini adalah, pada kategori SMA juara 1 diraih oleh SMA Darma Yudha, juara 2 SMAN 7 Batusangkar dan 3 diraih oleh SMA Witama. Pada kategori SMK juara 1 diraih oleh SMK Metta Maitreya, juara 2 diraih SMK Dharma Loka dan juara 3 diraih oleh SMKN 1 Pekanbaru.

Pada kategori MYOB juara 1 diraih oleh SMK Dharma Loka, juara 2 dan 3 diraih oleh SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Kategori mading 3D diraih oleh SMA Darma Yudha, kategori karya tulis ilmiah diraih oleh SMK Metta Maitreya, best multiple choice dan kasus tingkat SMA diraih oleh SMA Darma Yudha serta best multiple choice dan kasus tingkat SMK diraih oleh SMKN 1 Pekanbaru dan SMK Metta Maitreya.

 

  • Berita
Bagikan ke teman