Pemerintah Kota Pekanbaru Sepakat Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Caltex Riau


Pekanbaru (28/01) - Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Pemerintah Kota Pekanbaru sepakat untuk melakukan kerjasama. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman.

 


Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. dan Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T. pada Selasa, 28 Februari 2020 di Ruang Auditorium Lantai III Kampus PCR Rumbai.


Bentuk kerjasama yang disepakati antara kedua belah pihak meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pembuatan Teknologi Tepat Guna (TTG), pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, serta promosi dan pemasaran hasil produk inovasi teknologi industri PCR menjadi salah satu fokus pada kerjasama ini.


Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa perlu ada sinergi antara akademisi, Pemerintah serta entrepreneur untuk mengembangkan Kota Pekanbaru. Kita berbicara Pekanbaru hari ini dan masa akan datang.


Ia juga menyampaikan, pihak akademisi bersama Pemerintah dan Pelaku Usaha harus memperbanyak jenis usaha baru seperti startup untuk menyongsong masa depan. Fungsi akademisi disini menyiapkan riset dan teknologi tepat guna.


"Dengan demikian sumber daya manusia Pekanbaru sudah siap bersaing di bidang teknologi industri masa akan datang. Pemerintah akan melakukan fungsi supporting untuk menunjang hal tersebut," ungkapnya.


Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc mendukung kerja sama PCR dan Pemerintah Kota Pekanbaru.


"Pagi ini kita menandatangani nota kesepahaman antara PCR dan Pemko Pekanbaru, kemudian ditindaklanjuti dengan diskusi kelompok terpumpun bersama beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk melihat permasalahan di Pekanbaru demi mensukseskan visi kota," ujarnya.


Ia juga mengatakan bahwa masalah-masalah yang dipaparkan pada kegiatan diskusi kelompok terpumpun ini dijadikan bahan dan kajian untuk penelitian dosen dan tugas akhir mahasiswa.


"Perlu diingat bahwa permasalahan di Kota Pekanbaru ini kompleks, kita Politeknik Caltex Riau siap bersinergi dan berkontribusi memberikan inovasi sesuai dengan kapasitas dan kompetensi PCR sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi,” pungkasnya

 

  • Berita
Bagikan ke teman