Kolaborasi dengan APTIKOM RIAU, PCR Gelar Workshop Deep Learning

Pekanbaru (26/2) – Politeknik Caltex Riau bersama Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Riau menggelar Workshop Deep Learning menggunakan Google Colab di Laboratorium Software Engineering R.330 PCR  pada hari Rabu, 26 Februari 2020 Pekanbaru.

 

Workshop Deep Learning menggunakan Google Colab menghadirkan narasumber Wawan Yunanto, S.Kom., M.T. yang merupakan dosen jurusan teknologi informasi PCR dan kandidat Ph.D di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Dr. Juni Nurma Sari, S.Kom., M.MT. Kemudian dilanjutkan sambutan Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc.. Pada sambutannya Dadang mengatakan bahwa kegiatan workshop ini adalah kegiatan kolaborasi perdana antara PCR dan APTIKOM Riau pada tahun 2020.

“Hari ini merupakan pelaksanaan kegiatan perdana bersama APTIKOM Riau dan rekan-rekan dosen di Kota Pekanbaru khususnya dengan latar belakang teknologi informasi pada tahun 2020. Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu Dosen yang mengikuti workshop yang pertama kali diadakan oleh PCR yang bekerja sama dengan APTIKOM Riau,” ujarnya

Dadang juga menyampaikan bahwa APTIKOM Riau itu memiliki potensi luar biasa. Hal ini dikarenakan masing-masing perguruan tinggi memiliki Dosen-dosen yang luar biasa sehingga bisa saling berbagi ilmu bersama dosen-dosen dari perguruan tinggi lainnya.

“Saya melihat portfolio Bapak/Ibu yang mengikuti workshop ini memiliki kompetensi dan ilmu yang luar biasa, namun dengan padatnya kegiatan dan jam kuliah tidak menghalangi kita untuk bisa saling berbagi dan tidak hanya di PCR tetapi bisa juga dilaksanakan di UIN, STMIK AMIK, STMIK Hang Tuah, Unilak dan perguruan tinggi lainnya” ucapnya

Sementara itu, Ketua APTIKOM Riau Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom. mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Caltex Riau yang sudah memfasilitasi kegiatan ini.

“Banyak sekali kegiatan bersama APTIKOM Riau ini yang sudah difasilitasi oleh Politeknik Caltex Riau. Untuk di Laboratorium Software Engineering ini sudah dua kali kita gunakan untuk kegiatan workshop,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Muhardi juga menyampaikan beberapa kegiatan APTIKOM kepada para peserta workshop yang akan dilaksanakan pada bulan maret mendatang.

“Pada bulan maret mendatang kita akan melaksanakan sharing session tentang jurnal. Kita memiliki Dosen yang memaparkan hasil jurnalnya ke luar negeri. Selain itu, kita juga akan menghadiri kegiatan Rakernas di Jakarta sekaligus mencari informasi tentang kampus merdeka dan skema akreditasi terbaru oleh Dirjen Pendidikan Tinggi,” ujarnya

Muhardi juga menegaskan kepada semua pihak saling bergandengan tangan untuk memajukan perguruan tinggi serta memperbaharui ilmudi bidang komputer dan rumpunnya. “Mari kita saling memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada di lingkungan APTIKOM Riau untuk saling bersinergi untuk memajukan diri kita dan perguruan tinggi kita,” tegasnya

Deep learning merupakan salah satu bagian dari berbagai macam metode machine learning yang menggunakan artificial neural networks (ANN). Jenis pembelajaran dalam deep learning dapat berupa supervised, semi-supervised, dan unsupervised.

Penerapan teknologi deep learning sudah banyak dijumpai seperti di Google Photos, face unlock di smartphone, sistem tilang otomatis, dan sebagainya. Deep learning juga merupakan komponen utama yang menjadikan artificial intelligence menjadi semakin mirip dengan manusia

Kegiatan ini diikuti oleh 30 Peserta dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA), STMIK AMIK Riau, Universitas Pasir Pengaraian, STMIK THP, Unilak, Universitas Abdurrab, Universitas Islam Indragiri, DiLo Pekanbaru dan Universitas Muhammadiyah Riau.

 

  • Berita
Bagikan ke teman