PCR Berkontribusi dalam Menganalisis Data PSBB Kota Pekanbaru

Pekanbaru (24/4) – Tim Relawan PCR kembali mendapat kepercayaan oleh pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengkaji data OPD terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dijalan Kota Pekanbaru sejak 17 April 2020. Pada tanggal 22 Aapril 2020, Tim Relawan PCR diundang untuk mempresentasikan analisis singkat terkait data yang dikirimkan OPD selama pelaksanaan PSBB di Pekanbaru.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru yang menjadi pusat koordinasi Tim Gugus Tugas COVID-19. Tim Relawan yang hadir antara lain Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng. dan Ardianto Wibowo, S.Kom., M.T dan didampingi oleh Direktur Politeknik Caltex Riau, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, M.Sc.

Perwakilan Pemerintah Kota yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Azwan M.Si yang didampingi tim data dan kajian pelaksanaan PSBB Pekanbaru. Tim data dan kajian pelaksanaan PSBB terdiri dari kepala OPD dan sekretaris OPD yang di-SK-kan oleh Walikota Pekanbaru. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan tentang gugus tugas Covid-19 Pekanbaru oleh Asisten 1 dan dilanjutkan pemaparan singkat oleh Direktur Politeknik Caltex Riau tentang kesiapan relawan PCR untuk membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19.

“PCR selalu hadir dan berkontribusi untuk membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Kontribusi ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya tim relawan PCR juga telah terlibat dalam pengembangan dashboard pemantauan Covid-19”, ujar Dr. Dadang dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan data yang dikirimkan OPD ke gugus tugas. Data tersebut sebelumnya sudah dikirimkan ke tim relawan PCR untuk dilakukan analisis awal. Setelah pemaparan data, tim relawan PCR mempresentasikan tentang hasil kajian dari data yang dikirimkan.

Presentasi kajian awal ini disampaikan oleh Muhammad Ihsan Zul sebagai perwakilan relawan PCR. Kajian awal ini ditujukan untuk membuat kesepahaman bersama terkait bentuk data yang dikirimkan OPD ke gugus tugas. Jika hal ini dilakukan maka akan mempermudah proses pengumpulan dan analisis data. Hasil presentasi ini kemudian ditindak lanjuti setiap OPD.

Saat ini tim relawan PCR sedang mengembangkan dashboard PSBB yang digunakan untuk menghimpun data laporan OPD dalam satu antarmuka aplikasi. Pengembangan ini dipimpin oleh Ardianto Wibowo (Ketua Program Studi Teknik Komputer) yang memiliki kompetensi di bidang Data Warehouse dan Business Intelligence. Tim kajian dan pengembang aplikasi PSBB terdiri dari Dosen, Asisten Instruktur Laboratorium dan Mahasiswa PCR.

"PSBB kota Pekanbaru telah dilaksanakan selama 14 hari, akan tetapi apabila dilihat dari perkembangan kasus PDP di Pekanbaru, belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Untuk itu, diperlukan evaluasi PSBB secara komprehensif dari berbagai dimensi informasi, seperti tindakan kesehatan, dampak sosial, dampak ekonomi, ketersediaan pangan, serta perilaku ketaatan masyarakat terhadap aturan. Evaluasi ini sangat diperlukan sebagai landasan keputusan lanjutan, apakah PSBB yang ada sekarang akan dilanjutkan dengan kadar yang sama, atau harus ditingkatkan lagi kadar pengawasannya." Ujar Ardi saat memaparkan hasil kajian PSBB Pekanbaru pada 14 hari pertama.

  • Berita
Bagikan ke teman