Dosen PCR Serahkan Bantuan Mesin Pengaduk Adonan dan Kemasan untuk UKM Berkat Yakin

Pekanbaru (23/9) – Politeknik Caltex Riau memberikan bantuan mesin pengaduk adonan dan kemasan untuk kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) Berkat Yakin, Ibu-Ibu Kreatif Kembang Setaman, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru pada hari Selasa, 22 September 2020.

Penyerahan bantuan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Politeknik Caltex Riau yang didanai oleh Ristek BRIN. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan PkM ini dilakukan oleh dua orang dosen dari Program Studi Akuntansi Meliza Putriyanti Zilfi, S.E., M.Acc dan Teknik Elektronika Putri Madona, S.S.T., M.T. serta dibantu enam orang mahasiswa.

Putri Madona mengatakan bahwa penyerahan alat ini merupakan tahap 3 dari kegiatan PkM. Sebelumnya, kita juga memberikan bantuan mesin amphia listrik dan pelatihan keuangan.

“Alhamdulillah, tahap ke 3 ini kita memberikan bantuan berupa mesin pengaduk donat dan 1000pcs kemasan baru. Mesin pengaduk ini berkapasitas 20 Kg,” ujar Dhona

Dhona juga menjelaskan bahwa penyerahan bantuan alat ini diberikan kepada UKM ini dikarenakan mitra mengalami kesulitan saat proses produksi dan meminta untuk dibuatkan mesin pengolah adonan.

“Sebelumnya Mitra masih menggunakan cara konvensional untuk mengaduk adonan, yakni mengandalkan kekuatan tangan saja. Sehingga setiap hari hanya mampu mengolah maksimal 10 kg. Oleh karena itu, Mitra meminta bantuan untuk dibuatkan mesin pengolah adonan. Harapannya dengan adanya mesin ini bisa mengefisiensikan waktu dan tenaga serta perbaikan kualitas dan kuantitas produksi keripik yang dihasilkan,” ungkap Dhona

Sementara itu, Erlinawati sebagai Ketua UKM Keripik Payung Sekaki Berkat Yakin ini, mengatakan kebahagiaannya dengan adanya bantuan mesin ini. Ia berharap mesin ini dapat meningkatkan produksi keripik UKM mereka.

  • Berita
Bagikan ke teman