Kepala BP3M PCR, Maksum Rois Terpilih Menjadi Fasilitator Pusat pada Tim Tenaga Ahli SPMI Dikti VP

Pekanbaru (23/10) – Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Politeknik Caltex Riau, Maksum Ro’is Adin Saf, S.Kom., M.Eng. terpilih sebagai Fasilitator Pusat pada Tim Tenaga Ahli Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dikti Vokasi Profesi.

 

Penunjukan ini tertuang pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto tertanggal 1 Oktober 2020 yang diterima Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T, M.T. pada Kamis, 15 Oktober 2020. 

“Selamat kepada Pak Maksum yang telah ditunjuk sebagai Fasilitator Pusat di Tim Tenaga Ahli SPMI Dikti Vokasi Profesi. Ini merupakan bonus dari komitmen dan kerja keras Pak Maksum dan Tim BP3M dalam menjaga dan berjalannya penjaminan mutu di PCR. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” Ungkap Direktur PCR, Dr. Mohammad Yanuar.

Bersama 10 orang fasilitator nasional yang berasal dari beberapa Politeknik dan Universitas di Indonesia, Maksum memiliki delapan tugas pokok. Tugas pokok pertama yakni ikut serta dalam merencanakan dan menetapkan kbijakan SPMI Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi dan Profesi (PTPPVP) dan rekomendasi SPMI sebagai masukan kepada pimpinan di Direktorat Jenderal Vokasi.

“Alhamdulillah, Saya dipercaya bergabung menjadi Fasilitator Nasional pada Tim Ahli SPMI Dikti VP. ini merupakan Amanah dan tugas berat menanti kita, seiring dengan program pemerintah untuk melakukan Revitalisasi Pendidikan Vokasi, maka penjaminan mutu pendidikan vokasi pun harus di sesuaikan agar selaras dan tetap mampu menjamin mutu pendidikan vokasi,” Ungkap Maksum

Tugas selanjutnya, mendiseminasikan, melakukan bimbingan teknik dan melatih implementasi SPMI PTPPVP. Mengusulkan pengembangan kebijakan SPMI PTPPVP. Ikut serta merekrut Fasilitator Wilayah. Ikut serta melakukan koordinasi program kegiatan SPMI PTPPVP. 

Tugas pokok lainnya yang dilakukan oleh fasilitator nasional ini juga mempersiapkan dan menyusun bahan kebijakan dan rekomendasi SPMI PTPPVP sebagai masukan kepada pimpinan di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Menulis dan menerbitkan buku pedoman SPMI PTPPVP serta menyusun laporan tahunan pelaksanaan program kegiatan SPMI PTPPVP.

Tim Tenaga Ahli SPMI Dikti VP secara struktural terdiri dari Pengarah yang dijabat oleh Wikan Sakarinto dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Penanggung Jawab Beny Bandandanadjaja dan Ketua Tim, Sawitri Isnandari. Selain itu, tim ini juga didukung 6 orang fasilitator wilayah dan 5 orang sekretaris.

  • Berita
Bagikan ke teman