Politeknik Caltex Riau Raih Juara 1 dan Medali Perak pada GEMASTIK XIV

Pekanbaru (11/10) - Politeknik Caltex Riau berhasil peringkat pertama dan medali perak dalam GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) XIV eksibisi E-Sport Valorant dan kategori Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT.

 

Juara 1 diraih oleht tim E-Sport Valorant PCRSQUAD, tim tersebut berasal dari mahasiswa-mahasiswa Program Studi D4 Teknik Informatika dan D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi yang terdiri dari Fadhil Muhammad Zikri, Nazirman, Ahmad Yudha Yazril, Teguh Safrizal dan Marcel Owen.

Sedangkan untuk medali perak diraih oleh tim Analog yang beranggotakan Farhan Fadillah Putra, Suci Wulandari dan Muhannad Rofi. Ketiga mahasiwa tersebut merupakan mahasiswa dari Program Studi D3 Teknik Elektronika.

Pada tahun ini tim PCR yang meraih medali perak pada kategori IoT mengusung judul Alat pendeteksi Tingkat Stres Manusia Sebagai Early Warning Dampak Covid-19 dengan dosen pembimbing Putri Madona, S.S.T., M.T. Pengumuman pemenang ini disiarkan secara langsung melalui Zoom dan kanal YouTube penyelenggara Gemastik XIV 2021.

“Rasanya yang pasti bangga banget bisa dapat medali perak GEMASTIK XIV, karna untuk saya pribadi saya sudah mengikuti 4 kali kompetisi dengan tim AnalogPCR ini dan kami selalu berakhir menjadi finalist, memang dari semua kompetisi kami selalu mengevaluasi kesalahan kami sehingga kami bisa mendapatkan hasil yg lebih baik di kompetisi berikutnya dan alhamdulillah di GEMASTIK XIV ini kami bisa mendapatkan hasil yg cukup memuaskan bagi kami,” ungkap Farhan

Farhan juga mengatakan latar belakang dari pembuatan alat ini terkait penyebaran pandemi covid-19, penyebaran pandemi ini selain memberikan dampak luas secara sosial dan ekonomi juga turut memicu stres pada masyarakat. banyak dari masyrakat takut mengalami perburukan hidup dan harus menghadapi kematian seorang diri, serta kecemasan lainnya, ketakutan serta kecemasan ini dapat menimbulkan stres. penderita stres yang tidak ditangani dengan baik akan mengalami kondisi kejiwaan yang lebih parah seperti depresi.

“Oleh karena itu untuk dapat memonitoring hal tersebut dibutuhkan sebuah alat deteksi tingkat stres manusia sehingga dapat menjadi early warning bagi pengguna untuk mengambil sikap dan tindakan terhadap kondisi kesehatan mental yang tengah dialami. Alat monitoring ini menggunakan detak jantung, tekanan darah, Respirasi, temperatur tubuh dan resistansi kulit sebagai parameter pengukur tingkat stress pada manusia,” katanya

Ia juga menambahkan bahwa untuk mempermudah pengguna dalam melakukan monitoring terdapat aplikasi android yang dapat diakses oleh pasien dan dokter. Aplikasi akan menampilkan kondisi tingkat stress pasien yaitu rileks, normal, cemas, dan tegang. Serta menampilkan tips dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat stress yang dialami pasien.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau GEMASTIK ke XIV ini digelar oleh, Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI)i bersama Universitas Telkom sebagai tuan rumah pada tanggal 4 sampai 7 Oktober 2021.

Pada gelaran tahun 2021 ini, GEMASTIK XIV diikuti oleh 3.164 tim yang telah mendaftar dalam 11 divisi lomba yang terdiri dari 235 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, terjaring 230 peserta yang berasal dari 67 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam babak final.

Pada tahun ini Politeknik Caltex Riau mengirimkan 3 wakil pada babak final GEMASTIK XIV, satu tim mengikuti eksibisi e-sport Valorant yakni PCRSQUAD dan dua tim mengikuti kategori Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT yakni Tim Analog dan Tim Ipim. Sedangkan untuk tim lain PCR yang berlaga di kategori Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT merupakan mahasiswa dari program studi D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi. Tim Ipim beranggotakan Muhammad Ilham, M Rama Ardiansyah dan Meli Permata Sari.

 

 

Bagikan ke teman