PCR Hadirkan Roslina Verauli dalam Kegiatan Seminar Guru BK 2022

Pekanbaru (19/1) - Politeknik Caltex Riau kembali menggelar Seminar Guru BK 2022. Kegiatan ini  berlangsung pada hari Selasa, 18 Januari 2022 di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru.

 

Seminar Guru BK tahun 2022 ini mengambil tema Seminar Guru BK tahun 2022 ini mengambil tema Membangun Sinergi dalam Membentuk Generasi Unggul. Seminar BK tahun ini kita menghadirkan narasumber Roslina Verauli, M.Psi.,Psi.. Beliau merupakan Clinical Child, Adolescent  & Family Psychologist.

Kegiatan ini diawali oleh sambutan dari Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T.. Dalam sambutannya.

Yanuar mengatakan Seminar Guru BK merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Politeknik Caltex Riau.

"Seminar Guru BK merupakan kegiatan Rutin PCR yang telah dijalankan sejak tahun 2014. Kegiatan ini menghadirkan pakar-pakar yang bereputasi di Indonesia, Kegiatan ini adalah bentuk komitmen PCR dalam mendukung pengembangan SDM di Provinsi Riau khususnya, terutama bagi bapak/ibu guru-guru BK yang merupakan garda terdepan dalam mendorong perkembangan potensi siswa.," ucapnya

Pada tahun ini, kegiatan akan dilangsungkan secara daring dan luring. Kegiatan luring nantinya para peserta akan hadir di kampus PCR dengan jumlah yang terbatas. PCR juga telah meyiapkan protokol-protokol kesehatan.

Yanuar juga menambahkan, bahwasannya agenda ini merupakan komitmen kami dalam menjalin hubungan komunikasi dan keakraban yang baik untuk mengenalkan budaya lingkungan kampus antara PCR dg para guru BK SMA/SMK dan sederajat. 

“Kegiatan ini meurpakan bentuk komitmen PCR dalam penyiapan generasi unggul tidak hanya dalam bentuk seminar ini saja, PCR juga mengembangkan e konseling yang bekerja sama dengan perwakilan guru bk. Sistem ini didedikasikan bagi sekolah dan dapat dimanfaatkan secara gratis. Caranya sederhan, cukup MoU dan MoA dengan PCR. Tidak hanya dalam bentuk teknologi informasi, kami juga melaksanakan pengembangan kapasitas guru-guru bk melalui roadshow yang dilaksanakan di kabupaten kota di riau dan sumatera barat, “ pungkasnya

Sementara itu, Roslina mengatakan bahwa secara umum karakter dan bakat seorang anak bisa dikelompokkan pada enam kategori, tiga diantaranya akan dimiliki oleh seorang siswa sejalan, jika berlawanan maka anak butuh Bimbingan Konseling (BK) dari guru, setidaknya hal itu yang jadi tips sederhana mengenal karakter oleh guru BK.

"Setidaknya ada enam karakter anak yang bisa diketahui saat usia sekolah diantarnya Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, Conventional atau disingkat (RIASEC). Guru BK diharapkan dapat mengelompokkan karakter anak didiknya dengan enam kategori tersebut, setelah itu akan tahu ke arah mana minat siswa dan mudah mengarahkannya," pungkasnya

Dalam kegiatan ini turut dilangsungkan sosialisasi sistem e-konseling disampaikan oleh guru BK Rozi Riza Julianti,S.Pd.I,M.Pd,Gr dan Arfiyanti Agustina S.Psi,M.Pd. Beliau merupakan guru pendamping dari pengembangam sistem e-konseling. Selain itu turut dilanjutkan sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau oleh Zainal Arifin Renaldo, S.S., M.Hum.

Hadir dalam kegiatan ini pembantu direktur bidang pemasaran, kerja sama dan alumni Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng., pembantu direktur bidang keuangan, kepegawaian dan umum Yefni, S.E., M.Acc dan 80 guru BK yang berasal dari Riau dan Sumbar.

 

  • Berita
Bagikan ke teman