Tim PkM PSTRK PCR Berikan Pelatihan Programming kepada Siswa SMKN 1 Dumai

Pekanbaru (9/9) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan para Siswa dan Guru yang ada di sekolah-sekolah Vokasi yang ada di Provinsi Riau, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan programming kepada siswa SMKN 1 Dumai. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 6 September 2022.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Yuli Fitrisia, S.T., M.T., Mardiah Fadhli, S.T., M.T., Dini Nurmalasari, S.T., M.T., Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.T., Sugeng Purwantoro E.S.G.S., S.T., M.T., Memen Akbar, S.Si., M.T., dan Wenda Novayani, S.ST., M.Eng. Selain itu, mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah Muhammad Imam Akbar.

“Pada pelatihan ini kita memberikan materi terkait Implementasi Fun Learning Dengan Hour of Code Pada Game Minecraft. Kegiatan ini mengajak dan mengajarkan siswa untuk bisa lebih cinta dan senang dengan pemrograman, bahwa memogram ini menyenangkan, sehingga pada kegiatan ini dimodelkan dengan Game Minecraft untuk mendapatkan pemahaman terkait logika dan pemrograman pada suatu kondisi yang diharapkan,” ungkap Yuli.

Yoanda juga menambahkan bahwa kedepannya program-program seperti ini akan terus dilanjutkan dengan menambahkan beberapa tema sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan siswa khususnya pada bidang IT.

“Pada kegiatan pelatihan ini, kita melihat antusias siswa yang luar biasa dalam mengikutinya. Insyaallah kedepannya akan memberikan pelatihan terkait bidang IT seperti Internet of Things (IoT), robotic, keamanan siber dan lainnya,” tambahnya.

Selain memberikan pelatihan, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan SMKN 1 Dumai. Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Kaprodi PSTRK Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.Sc. dan Drs. Dian Dini.

Kepala Sekolah SMKN 1 Dumai Drs. Dian Dini menyambut baik kegiatan yang diberikan oleh PSTRK. Ia berharap kerja sama ini dapat berjalan baik dan kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa vokasi di Riau, khususnya di SMKN 1 Dumai.

  • Berita
Bagikan ke teman