PCR Serahkan Alat Fermentasi Bawang Hitam versi 2 kepada UKM Bawang Hitam Kadedika

Pekanbaru (9/11) – Politeknik Caltex Riau (PCR) berikan bantuan alat fermentasi bawang hitam kepada UKM Bawang Hitam Kadedika. Penyerahan alat ini diberikan langsung kepada pemilik UKM Bawang Hitam Kadedika pada hari Senin, 31 Oktober 2022.  

 

Bantuan mesin ini merupakan bentuk Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BP2M) PCR yang dilaksanakan oleh Staf dan Mahasiswa Prodi Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika (PSTRE). Kegiatan PkM ini diketuai oleh Heri Subagyo, S.T., M.T.

Heri mengatakan bahwa alat yang diserahkan kali ini merupakan penyempurnaan dari alat sebelumnya yang kita berikan kepada UKM Bawang Hitam.

“Alat fermentasi bawang hitam versi 2 yang kita berikan ini memiliki keunggulan, suara tidak berisik dan pemakaian daya lebih kecil. Hal ini menjadi salah satu bukti dari PSTRE dan PCR sangat mendukung pengembangan UKM di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru untuk lebih maju sehingga lebih berdaya saing,” katanya

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada UKM Bawang Hitam Kadedika yang bersedia menjadi mitra dalam program ini dan berharap mendapat masukan dari UKM ini terhadap alat fermentasi agar Inovasi dan perbaikan alat ini akan terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan UKM.

Efariany, pemilik UKM Bawang Hitam Kadedika menyambut baik program ini. “Alhamdulillah alatnya sudah sampai, InshaAllah nanti akan kita coba, semoga berhasil. Kami juga mengucapkan terimakasih atas usaha nya untuk penelitian alat Bawang hitam,” sambutnya

Sementara itu, Ruslan selaku pengelola dan pelaksana produksi bawang hitam mengungkapkan bahwa dari percobaan pertama kita melihat alat ini semakin baik dari alat versi sebelumnya.

“Dari uji coba awal saat latihan penggunaan, alat fermentasi yang ini lebih baik daripada yang versi pertama dulu. Tidak ada suara berisik. Akan kami coba pakai untuk produksi selama 14 hari mendatang. Semoga hasilnya lebih baik daripada yang sebelumnya,” ungkapnya

Penyerahan alat ini diberikan langsung perwakilan tim pelaksana PkM yang juga merupakan alumni dari Teknik Elektronika PCR, yaitu Andi Muliya Putra dan Fiama Ryder Sinaga. Penyerahan alat ini dilakukan langsung di Kantor dan pusat produksi UKM Bawang Hitam Kadedika, Perumahan Pesona Beringin Asri Blok G No. 15, Kel. Sungaisibam, Kec. Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau.

  • Berita
Bagikan ke teman