PCR Lakukan Sosialisasi dan Pendampingan Evaluasi SPBE Pemkab Kampar

Pekanbaru (30/6) – Politeknik Caltex Riau memenuhi undangan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kab. Kampar untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan Evaluasi SPBE. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 27 Juni 2023 di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar.

 

Pada kegiatan ini, PCR menunjuk Dr. Yohana Dewi Lulu W, S.Si., M.T. dan Sugeng Purwantoro E.S.G.S, S.T., M.T. Mereka berdua merupakan asesor eksternal dan tenaga ahli yang sudah ditunjuk oleh Kemenpanrb.

Kegiatan dibuka oleh PJ Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, M.M. Pada sambutanya Firdaus berharap pada tahun ini nilai SPBE di Kabupaten Kampar dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

“Seluruh unsur yang menjadi penilaian SPBE harus berupaya meningkatkan nilai level kematangan SPBE yang diperoleh pada tahun 2022 dengan kategori Cukup menjadi kategori Baik di Tahun 2023 ini. Ini pekerjaan bersama dan merupakan cerminan wajah pelayanan pemerintah di kabupaten Kampar,” harapnya

Pada pemarapannya, Sugeng mengatakan bahwa semua OPD harus mengetahui dan wajib memahami pedoman Menteri Panrb pada tahun 2023.

“Pedoman Menteri PAN RB No. 6 tahun 2023 ini merupakan perubahan dari Keputusan Menteri PAN RB No. 962 tahun 2021. Pedoman yang terdiri dari lebih kurang 210 halaman ini wajib dipahami oleh seluruh OPD dan Perangkat Daerah terkait karena di dalamnya sudah sangat jelas menerangkan terkait Indikator-Indikator yang harus dipenuhi dalam proses evaluasi ini, terkait bukti dukung yang harus dipersiapkan dan tata cara penyampaian pada saat pelaksanaan Asesmen mandiri oleh Asesor Internal,” paparnya.

Sugeng juga mengatakan pembentukan tim asesor Internal juga harus segera dilakukan agar proses asesmen mandiri dapat segera berjalan, karena pelaksanaan asesmen mandiri oleh Pemerintah Daerah harus sudah selesai dilakukan sebelum tanggal 16 Juli 2023.

“Rencana kedepan setelah terbentuknya Tim Asesor Internal pemerintah Kabupaten Kampar, maka sembari berjalan Tim Teknis SPBE Politeknik Caltex Riau bersama Tim Asesor Internal Pemkab Kampar dapat berkomunikasi dan berdiskusi terkait hal-hal yang perlu dilengkapi dan dipenuhi untuk mendapatkan nilai atau capaian kearah yang lebih baik. Jadi kita lihat kondisi AS-IS pemerintah Kabupaten Kampar saat ini. Untuk saat ini PCR akan memberikan pendampingan dalam proses melengkapi Bukti-Bukti Dukung yang diminta berdasarkan Amanah dari Pedoman Menteri No. 6 tahun 2023 setidaknya ada peningkatan yang bisa dilakukan dari kondisi yang ada saat ini,” katanya.

Ia juga menambahkan Rencana Jangka Panjangnya adalah Pendampinga secara berkala mulai tahun 2023 ini untuk proses pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2024. Sehingga ada cukup waktu Tim Teknis dan Pemerintah Kabupaten Kampar untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang ada saat ini dengan melihat kondisi AS-ISnya

Sementara itu, Dr. Yohana menjelaskan beberapa poin-poin perubahan penting antara Kepmen PAN RB No. 962 tahun 2021 dengan Pedoman Menteri PAN RB No. 6 Tahun 2023, sehingga pembaharuan dan perubahan itu dapat diantisipasi dan dipahami oleh OPD-OPD terkait dalam pemenuhan Kriteria dan bukti dukung pada setiap Indikator.

Yohana juga berpesan bahwa kegiatan Pemantauan dan Evaluasi SPBE ini bukan tugas utamanya Diskominfo tapi merupakan tanggung jawab seluruh OPD Pemkab Kampar.

“Karena yang dinilai adalah PemKab Kamparnya dan merupakan IKU dari Bapak Bupati. Mari kita Gerakan Tim Koordinasi SPBE yang harusnya menjadi motor penggerak proses pemantauan dan evaluasi ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Ramlah, S.E., M.Si., Kepala Dinas Kominfosandi Kab. Kampar Yuricho Efril, S.STP. serta dihadiri oleh seluruh OPD yang ada di Kabupaten Kampar.

  • Berita
Bagikan ke teman