Tim PkM PSTRK PCR Berikan Pelatihan Computational Thinking ke Siswa SMA IT Al Ittihad Pekanbaru

Pekanbaru (20/7) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan para Siswa SMA Al Ittihad dalam menyelesaikan permasalahan, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan Computational Thinking. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 20 Juli 2023.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.T., Sugeng Purwantoro E.S.G.S., S.T., M.T., Wenda Novayani, S.ST. M.Eng., Memen Akbar, S.Si., M.T., Yuli Fitrisia, S.T., M.T., Mardiah Fadhli, S.T., M.T. dan Dini Nurmalasari, S.T., M.T., dan sejumlah mahasiswa dari PSTRK.

Ketua PSTRK Dr. Eng. Yoanda mengatakan bahwa pada pelatihan computional thinking dengan block-based programming dan permainan robot ini bertujuan untuk melatih para murid di SMA IT AL Ittihad untuk berpikir secara terstruktur dalam menyelesaikan permasalahan.

“Kita membagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Pada pelatihan ini, kita menggunakan robot edison sebagai media latihan. Robot ini diprogram menggunakan block-based programming yang mana pengoperasian robot dan antarmuka program yang mudah dipahami menjadi pendukung kemudahan siswa-siswi dalam berlatih,” ungkapnya.

Pertama, siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok dengan didampingi mahasiswa PSTRK sebagai mentor. Kemudian, siswa-siswi dikenalkan dengan robot edison dan cara untuk memprogram robot tersebut. Selanjutnya, siswa-siswi diminta untuk memprogram robot edison untuk melewati rute yang telah disiapkan mentor.

Yoanda mengatakan “Ketepatan solusi dan kecepatan mencapai target menjadi poin yang dilombakan antar kelompok.”

Kegiatan pelatihan dilakukan di Auditorium Politeknik Caltex Riau dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dari kelas XI dan XII. Kegiatan berlangsung dari jam 08.00 pagi dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua PSTRK dan Kepala Sekolah SMA IT Al-Ittihad. Setelah itu, ada paparan dari tim Penerimaan Mahasiswa Baru, PCR yang mensosialisasikan program studi yang ada di PCR beserta keunikan profil lulusannya. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dan diakhiri dengan penyerahan hadiah untuk kelompok dengan hasil terbaik.

Perwakilan siswa SMA IT Al-Ittihad menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan sangat bagus dan menarik. Siswa juga berharap ada pelatihan lainnya untuk bidang informatika, robotik, dan elektronika.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman