Peduli Pendidikan ABK, Prodi TRJT dan TET Bangun Jaringan Komputer di Laboratorium SLB Pelita Hati Pekanbaru

Pekanbaru (2/6) – Sejumlah dosen yang tergabung dalam Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan telekomunikasi (TRJT) dan Teknik Eleketronika Telekomunikasi (TET) dan dibantu mahasiswa Politeknik Caltex Riau membangun jaringan komputer di Laboratorium SLB Pelita Hati Pekanbaru. Kegiatan ini berlangsung dua hari mulai 30-31 Mei 2023.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah  Yuli Triyani, S.S.T., M.Eng. sekalu ketua PKM, anggota Wiwin Styorini, S.T.,M.T dan Muhmammad Diono, S.S.T., M.T. Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa tingkat akhir dari TRJT.

Yuli mengatakan SLB Pelita Hati memiliki Laboratorium Komputer namun semua komputer/laptop di laboratorium ini belum saling terhubung dan tidak dapat akses ke internet. Kondisi ini dikarenakan kekurangan SDM yang memahami jaringan komputer di SLB tersebut.

”Hal ini sangat disayangkan karena sangat banyak kompetensi tambahan yang dapat diberikan kepada siswa. Selain itu hal ini juga menjadi permasanlah serius karena Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun ini akan dilaksanakan dalam dua mode, yaitu ANBK mode online dan moda semi-online. Sehingga sangat dibutuhkan laboratorium komputer dengan jaringan dan akses internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan Pembangunan Jaringan Komputer Laboratorium Guna Meningkatkan Kompetensi Siswa Dan Menyukseskan Pelaksanaan ANBK Online Di SLB Pelita Hati Pekanbaru,” ungkapnya

Ia juga menegaskan Prodi TRTJ dan TET sangat peduli dengan pendidikan termasuk pendidikan ABK. Sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 31, ABK juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

“Oleh karena itu kami bersinergi dengan SLB Pelita hati untuk mengoptimalkan potensi dan Sumber daya laboratorium Komputer yang ada. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi pihak-pihak terkait,” tegasnya.

Yuli juga menambahkan, terdapat tiga rangkaian pada kegiatan ini. Yang pertama yaitu Inventarisasi dan pengoptimalan beberapa unit komputer untuk meningkatkan performanya. Kemudian, perancangan dan pengujian jaringan komputer di lab dengan kapasitas 16 unit komputer. Serta, melakukan pelatihan cara konfigurasi, perawatan dan perbaikan serderhana jaringan komputer untuk beberapa staf.

“Pelatihan ini diberikan kepada beberapa staf di SLB Pelita Hati sehingga nantinya diharapkan staf tersebut dapat merawat dan perbaikan sederhana jika terjadi permasalahan pada jaringan komputer,” tambahnya

Sementara itu, Natta Riviana., M.Pd. selaku perwakilan SLB Pelita Hati mengucapkan terimakasih atas program yang diberikan oleh prodi TRJT dan TET kepada kami.

“Kami sangat terbantu dan berterima kasih dan  kepada Prodi TRJT dan TET dengan adanya program ini. Semoga kegiatan PkM khususnya bagi SLB bisa berkelanjutan untuk kegiatan lainnya karena dibutuhkan sekali bagi anak berkebutuhan khusus,” pungkasnya.

  • Berita
Bagikan ke teman