Dosen PSTRK PCR Berikan Workshop Pemahaman Hardware Cisco kepada Siswa SMK Taruna Persada Dumai

Pekanbaru (13/12) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi SIswa-siswi Sekolah Menengah Vokasi Daerah di Provinsi Riau, Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) Politeknik Caltex Riau memberikan workshop Penguatan Kompetensi Jaringan Komputer Berbasis Hardware Cisco Bagi Siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Taruna Persada Dumai.

 

Pelaksanaan PKM ini berkerja sama dengan Sekolah Menengah Vokasi yang ada di Kota Dumai, SMK Taruna Persada Dumai. Kerjasama ini sudah memasuki tahun ke 3 kegiatan kerjasama dibawah paying MoU antara Politeknik Caltex Riau dan SMK Taruna Persada Dumai, artinya setiap tahun mulai dari tahun 2020 sudah terlaksana kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas Guru dan Siswa di SMK Taruna Persada Dumai.

Pada kegiatan ini, pihak SMK membantu dalam penyediaan peserta workshop yang terdiri dari SIswa dan beberapa orang Guru pendamping yang akan diberikan pelatihan sementara dari Perguruan Tinggi mempersiapkan dari Kegiatan, Ruangan Laboratorium lengkap dengan alat yang menjadi target kompetensi dari workshop ini, Konsumsi dan juga Narasumber.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Sugeng Purwantoro E.S.G.S, S.T., M.T., Yuli Fitrisia, S.T., M.T., Wenda Novayani, S.S.T., M.Eng, Dini Nurmalasari, S.T., M.T., Mardhiah Fadly, S.T., M.T., Memen Akbar, S.Si, M.T. dan Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana S.T., M.Sc.  

Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Dean Melani Tarihoran, Dandy Hari Praditya, Diva Kurniawan Syahputra, Aulia Rahman A, dan Rima amalia rahmawati, yang kesemuanya berasal dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer. Bahkan ada 1 orang mahasiswa yang merupakan Alumni dari SMK Taruna Persada Dumai yang menjadi Mitra PkM saat ini.

Sugeng mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk workshop ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan peningkatan kompetensi bagi para siswa-siswi tentang penggunaan dan pemanfaatan perangkat jaringan seperti Router dan Switch secara Hardware (Hand on Lab) di Laboratorium Jaringan PCR. Agar pada siswa dapat punya pengalaman bagaimana mengelola Jaringan dengan langsung menggunakan perangkat yang mungkin selama ini mereka hanya mendapatkan secara simulasi dengen menggunakan Simulator saja.

“Hal ini juga sebagai bentuk perhatian kami pada sekolah dengan tantangan yang lebih kompleks kedepannya sehingga dapat mempersiapkan peserta didik yang siap menerima tantangan dunia kerja dalam bidang Jaringan dan IT kedepannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Eko Saputra, A.Md, selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika SMK Taruna persada mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama kemitraan di bidang Pendidikan yang selama 3 tahun ini sudah dilaksanakan dengan baik, penerima manfaat bukan hanya bagi Siswa-siswi saja tapi guru-guru juga mendapatkan manfaat dari kerjasama ini dengan program-program penguatan kepada Guru-guru.

“Kegiatan ini sangat memberikan kesan yang baik dan manfaat yang besar bagi siswa-siswi SMK kami bahkan kami guru-gurupun mendapatkan keilmuan dan pengetahuan baru terkait penggunaan perangkat Cisco ini secara Hardware yang selama ini kami hanya menggunakan dan memanfaatkan simulator saja untuk pembelajaran di sekolah, sehingga siswa mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatan ini,” ungkap Eko.

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedback yang baik  bahwasanya kegiatan ini memberi wawasan baru bagi mereka terkait penggunaan perangkat Jaringan berbasis Hardware Cisco. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Pretest dan Post Test yang hasilnya menunjukan peningkatan yang luar biasa dari awal mereka banyak tidak tahu dan paham dengan hardware dan perangkat cisco (Router dan Switch) setelah workshop terlihat ada peningkatan pemahaman mereka terkait hal ini. Mudah-mudahan kegiatan kemitraan ini tetap terus berjalan bukan hanya dengan SMK Vokasi di Kota Dumai saja tapi seluruh SMK Vokasi bahkan SMA yang ingin mendapatkan Pengalaman dan kompetensi keilmuan yang lebih baik.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman