Dosen PCR Berikan Pelatihan Software ETAP kepada Guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

Pekanbaru (29/12) - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Teknik Listrik bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Listrik (HIMATRIK) Politeknik Caltex Riau telah memberikan pelatihan software ETAP Bagi Guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 2 Pekanbaru.

 

Selain transfer penerapan teknologi, sasaran dan tujuan pelatihan ini meningkatkan pemahaman penggunaan software ETAP sebagai justifikasi perencanaan/perancangan komponen instalasi listrik tegangan menengah/tinggi. Kegiatan dilaksanakan pada Laboratorium Elektro Desain dan Pemrograman Politeknik Caltex Riau yang dilaksanakan selama satu hari.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Imam Suri Tauladan, S.T., M.T. selaku ketua PkM, anggota Ir. Muzni Sahar, S.S.T., M.Eng. dan Dr. Ir. Hendri Novia Syamsir, S.T., M.Eng.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa HIMATRIK.

Ir. Muzni Sahar, S.S.T., M.Eng. selaku Ketua Program Studi mengungkapkan, koordinasi dan sinergi antara program studi, dosen, mahasiswa HIMATRIK, SMKN 2 Pekanbaru dan para siswa yang sangat baiklah yang mendukung program ini dapat sukses dilaksanakan. Pelatihan ini diharapkan dapat mendukung metode pembelajaran berbasis teaching factory, dikarenakan software ETAP merupakan perangkat yang dibutuhkan pada industri dibidang ketenagalistrikan.

Sejalan dengan program PkM ini diharapkan Program Studi Teknik Listrik PCR dikenal oleh para siswa/i SMKN 2 Pekanbaru yang mengikuti pelatihan dan dapat menjado calon mahasiswa PSTL PCR. Untuk mahasiswa yang terlibat diharapkan dapat menjadi sebuah pengalaman menjadi fasilitator pelatihan yang berhubungan dengan salah satu skill yang harus dimiliki oleh calon engineer listrik.              

Sementara itu, Bambang Tirto Cahyono, S.T. selaku Kepala Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Pekanbaru mengatakan besar harapannya agar kampus PCR senantiasa bersinergi dengan SMKN 2 Pekanbaru untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya untuk sekolah vokasi di Pekanbaru. Program PkM ini juga menguatkan kerjasama yang sudah terjalin lama antara PCR dan SMKN 2 Pekanbaru, sehingga dari pihak SMKN 2 Pekanbaru kedepannya berharap ada pelatihan ETAP lanjutan, pungkasnya.

Dari hasil evaluasi, para peserta dapat menjalankan atau mensimulasikan aliran daya pada suatu sistem kelistrikan. Dari hasil feedback para peserta dapat dengan mudah untuk memahami pelatihan analisa aliran daya dengan menggunakan software ETAP.

  • Berita
Bagikan ke teman