Pusat Kajian Inovasi dan Pengembangan Teknologi PCR Berikan Pelatihan Bisnis Digital Strategi Pemasaran Produk UMKM di Era Digital

Pekanbaru (5/9) – Pusat Kajian Inovasi dan Pengembangan Teknologi bekerja sama dengan BP2M Politeknik Caltex Riau (PCR) menyelenggarakan Pelatihan Bisnis Digital dengan tema “Strategi Pemasaran Produk UMKM di Era Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 September 2024 di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau.

 

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mitra UMKM terkait strategi pemasaran produk di era digital. Fokus utama adalah meningkatkan kualitas promosi melalui pembekalan teknik foto produk, serta mengajarkan cara efektif menggunakan teknologi dan media sosial. Diharapkan, para peserta UMKM dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan daya saing produk dan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat posisi mereka di pasar digital. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat menarik minat pengusaha muda untuk lebih memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh PKIPT di bawah BP2M Politeknik Caltex Riau. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BP2M, Putri Madona, S.ST., M.T.. Sesi materi diisi oleh dosen dari Politeknik Caltex Riau, yaitu Roni Setia Nugraha, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Figo Alimbel, S.M., M.M., yang berasal dari bidang kewirausahaan.

Dalam sambutannya, Roni Setia Nugraha dan Figo Alimbel menekankan pentingnya sinergi antara program studi, dosen, dan pelaku UMKM untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini. Mereka berharap pelatihan ini dapat membantu UMKM dalam meningkatkan manajemen usaha mereka, sehingga produk yang dihasilkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kepala BP2M, Putri Madona, menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini perlu sering dilaksanakan oleh BP2M PCR bersama PKIPT. "Dengan kegiatan ini, kita dapat menunjukkan kepada para stakeholder dan masyarakat bahwa Politeknik Caltex Riau mendukung penuh pengembangan wirausaha di Riau dan berkomitmen meningkatkan kemampuan masyarakat sekitar melalui ilmu pengetahuan dan teknologi," tuturnya.

  • Berita
Bagikan ke teman