Reakreditasi Program Studi, 3 Program Studi Raih Unggul dan 2 Baik Sekali

Pekanbaru (23/9) – Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali mencapai capaian gemilang dimana tiga program studi sarjana terapan meraih Akreditasi Unggul dan satu program studi sarjana terapan meraih Akreditasi Baik Sekali dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). 

 

Program Studi Sarjana Terapan yang berhasil meraih Akreditasi Unggul adalah Teknologi Rekayasa Komputer, Teknik Listrik dan Teknik Mesin. Sedangkan yang meraih Akreditasi Baik Sekali yaitu Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi dan Akuntansi Perpajakan.

Akreditasi itu diperoleh setelah mendapatkan penetapan Surat Keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dari IFOKOM dan TEKNIK pada hari Rabu, 21 Agustus 2024. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun ini hingga 4 tahun kedepan.

Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. mengaku sangat bersyukur dan bangga atas capaian ini. Menurutnya, Akreditasi Unggul yang diraih oleh tiga program studi ini merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim pengajar serta dukungan yang luar biasa dari sivitas akademika PCR.

“Ini adalah prestasi yang membanggakan dan sangat kami syukuri. Selamat atas capaian akreditasi yang diraih oleh empat program studi sarjana terapan ini. Penetapan akreditasi Unggul dan Baik Sekali ini merupakan pengakuan terhadap kualitas mutu layanan pendidikan yang telah di lakukan oleh PCR,” katanya

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu Istianah Muslim, S.T., M.T. selaku koordinator pelaksanaan proses akreditasi di Politeknik Caltex Riau mengungkapkan bahwa untuk mencapai Akreditasi Unggul tidaklah mudah, banyak yang harus dilengkapi dan dilampaui oleh Program Studi.

”Untuk mencapai Unggul ini tidaklah mudah, karena selain harus melampaui Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Selain itu harus berdaya saing internasional seperti luaran publikasi penelitian dosen dan mahasiswa, sarana prasarana, kurikulum yang link and match dengan dunia usaha dunia industri serta prestasi dari dosen dan mahasiswa hingga taraf internasional. Proses asesmen lapangan keempat program studi ini telah dilakukan oleh LAM Infokom dan LAM Teknik pada bulan Juni dan Juli lalu,” ungkapnya

Dadang juga berharap dengan capaian akreditasi yang diraih oleh empat program studi ini akan semakin meningkatkan reputasi PCR di tingkat Nasional bahkan Internasional. Hal ini sejalan dengan Visi PCR diakui sebagai institusi pendidikan unggul yang mampu bersaing dalam bidang teknologi, bisnis dan ilmu terapan di tingkat Asia tahun 2045.

  • Berita
Bagikan ke teman