MAN Taluk Kuantan Ikuti Pelatihan Robotika di PCR

Siswa-siswi dan guru MAN Taluk Kuantan menimba ilmu mengenai robotika di Politeknik Caltex Riau (PCR). Sebanyak delapan orang siswa-siswi dan dua orang guru pembimbing memperoleh pelatihan Robotika dari dosen jurusan Teknik Elektronika, Elva Susianti, S.ST., M.T. selama 4 hari mulai dari tanggal 20 Maret-23 Maret 2017.

 

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana merangkai Line Follower Robot. Line follower robot adalah robot yang bisa bergerak mengikuti jalur panduan garis. Garis pandu yang di gunakan dalam hal ini adalah garis putih yang di tempatkan pada permukaan berwaran gelap, atupun sebaliknya, garis hitam yang ditempatkan pada permukaan berwarna putih.

Di hari pertama, para peserta mendapatkan materi mengenai dasar-dasar robotika dan rangkaian elektronika. Lalu dilanjutkan dengan rangkaian mekanika dan pemrograman pada hari kedua dan ketiga.

“Pada hari akhir, para peserta akan melakukan finishing. Robot tersebut akan di uji pergerakannya melalui garis pandu yang telah disediakan,” ujar Elva.

Para siswa dan guru MAN I Taluk Kuantan terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut. Seluruh peserta pelatihan berkesempatan untuk praktek langsung merangkai robot. Pada pengerjaan perangkaian robot, mereka kerjakan dengan beberapa kali tahap percobaan. Apabila salah, maka robot tersebut akan dirangkai ulang kembali, hingga nantinya terbentuklah robot dengan rangkaian yang mereka inginkan.

Elva berharap kegiatan ini dapat memotivasi para siswa dan guru MAN Taluk Kuantan untuk belajar teknologi terutama di bidang robotika. “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk memperoleh bekal ilmu yang mungkin belum didapatkan  saat di sekolah.”

Siswa MAN 2 Taluk KuantanPeserta Pelatihan Robotika dari MAN 2 Taluk Kuantan

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar