PCR Bekerjasama dengan Astra Internasional Adakan Kuliah Umum Astra Sustainability Report

Politeknik Caltex Riau (PCR) bekerjasama dengan Astra Internasional mengadakan Kuliah Umum bagi Civitas Akademika Politeknik Caltex Riau dengan tema "Astra Sustainability Report Goes to Campus". Pada kuliah umum kali ini, Astra akan membawakan materi tentang "Pengelolaan Aspek LK3 (Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan CSR di Dunia Industri" 

 

Kegiatan yang dihelat di  Auditorium PCR pada Kamis 24 Agustus 2017 ini dihadiri dan dibuka oleh Direktur PCR, Bapak DR. Hendriko, S.T. M. Eng. Turut hadir pula Pembantu Direktur Bidang Kerjasama, Bisnis dan Pemasaran Bapak Sugeng Purwantoro E.S.G.S, S.T. M.T. dan sejumlah Dosen, Laboran, Mahasiswa serta alumni PCR.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini menghadirkan pemateri yang kompeten dibangnya yaitu Bapak Bondan Susilo, Team Leader of Environment & Social Responsibility Division PT. Astra International.

Direktur PCR Bapak DR. Hendriko, S.T. M.Eng. memberikan apresiasi kepada Astra International yang menjadikan PCR sebagai salah satu sasaran dalam program Astra Sustainability Report Goes to Campus.

Lanjut Hendriko, Tema yang diangkat pada kuliah umum ini  sangat menarik. Kondisi dunia kerja di Indonesia saat ini sedang mengalami sejumlah masalah, seperti jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan banyaknya lapangan kerja, lalu besarnya angka pengangguran yang yang terdiri dari pencari kerja yang memiliki pendidikan menengah ke atas, dan berbagai masalah lainnya.

“Kita selalu mengembangkan kewirausahaan kepada para mahasiswa. Proses akademik di PCR tidak terlepas dari pengembangan kewirausahaan. Bahkan kewirausahaan sudah dijadikan mata kuliah wajib. Ini dimaksudkan agar para lulusan tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang tinggi tapi juga pengalaman atau skill yang baik bidang kewirausahaan,” ujarnya Hendriko.

Astra International sebagai perusahaan yang memiliki sejumlah cabang usaha dan ratusan anak perusahaan adalah salah satu pihak yang menyediakan lapangan kerja, tentu saja memiliki banyak pengalaman di bidang ketenagakerjaan yang dapat dibagi kepada para mahasiswa.

“Karena itu, kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa sehingga nantinya persoalan keternagakerjaan dapat diatasi,” papar Bondan Susilo.

Beberapa perusahaan, lanjut Bondan sudah mulai mengedepankan kewirausahaan dalam program CSR. Dalam program kewirausahaan tersebut, akan diberikan pelatihan keterampilan dan manajerial sehingga bisa nantinya dapat mandiri

Astra International menjadikan empat pilar, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan sebagai pondasi dalam program CSR-nya melalui sembilan yayasan yaitu Yayasan Toyota dan Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

"Empat pilar Astra merupakan pilar dasar untuk mengentaskan kemiskinan. Memang tidak bisa secara langsung, namun secara perlahan akan terlihat hasilnya di masa depan," ungkap Bondan.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar