Mahasiswa Aktif

Mahasiswa PCR

Mahasiswa Aktif adalah mahasiswa yang masih tercatat secara administratif di Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR) dan sedang menjalani proses perkuliahaan. Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi, PCR memiliki mahasiswa yang dituntut untuk aktif dalam akademik atau perkuliahan dan berbagai kegiatan lainnya. Tujuannya adalah agar mahasiswa tidak hanya memiliki skill yang baik, tetapi juga memiliki soft skill yang nantinya juga dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja.  

Sistem Informasi Akademik (SIAK)

Untuk memperlancar proses akademik, PCR memiliki Sistem Informasi Akademik yang mengelola seluruh kegiatan akademik mahasiswa. Sistem ini terintegrasi dan dilengkapi Smart Reporting System dan Early Warning System sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam proses akademika. 

Biro Administrasi 

Dalam pengelolaan data mahasiswa, PCR memiliki Biro Administrasi Akademik (BAAK). BAAK bertugas untuk melayani segala kebutuhan administrasi akademik mahasiswa dalam proses perkuliahan seperti proses belajar mengajar, surat menyurat kebutuhan mahasiswa, serta informasi atau pengumuman perkuliahaan. Pelayanaan BAAK dibuka setiap jam kerja yaitu Senin - Jumat dari Pukul 07.00 - 16.00 WIB. 

Beasiswa Mahasiswa Aktif

PCR memiliki beberapa jenis beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi maupun mahasiswa yang kurang mampu dalam hal finansial. Beasiswa tersebut berasal dari Pemerintah maupun dari Ikatan Keluarga Alumni PCR. Beasiswa diberikan untuk membantu biaya pendidikan kuliah di PCR. Beberapa beasiswa yang dapat diberikan kepada mahasiswa yaitu :

1. Beasiswa Pemerintah Daerah Provinsi Riau maupun Pemerintah Kabupaten

2. Beasiswa BPP & BPP - PPA

3. Beasiswa Ikatan Keluarga Alumni

Kegiatan Kemahasiswaan

Selain kegiatan perkuliahan, PCR juga memiliki kegiatan non akademik yang di kelola oleh suatu badan Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM). HIMA merupakan wadah bagi mahasiswa dari masing - masing program studi untuk berkreasi dan berprestasi sesuai bidang studi. Sedangkan UKM merupakan suatu unit yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari semua program studi yang ada dan dapat digunakan sebagai wadah dalam pengembangan kreativitas, hobi maupun bakat mahasiswa. Seluruh kegiatan ini dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). 

Berikut daftar HIMA yang ada di PCR :

  1. HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komputer)
  2. HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Eelektronika dan Teknik Listrik)
  3. HIMATEL (Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi)
  4. HIMATRON (Himpunan Mahasiswa Mekatronika dan Teknik Mesin)
  5. HIMAKSI (Himpunan Mahasiswa Akuntansi)
  6. HIMASISTIFO (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi)
  7. ITSA (Information Technology Student Association)
  8. AET ( Association of Electronics Telecommunication) 

Sedangkan untuk UKM terdiri dari :

  1. UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam)
  2. PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen)
  3. Permadhis (Persaudaraan Mahasiswa Budhis)
  4. CSIRT (Computer Security Incident Response Team)
  5. PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community)
  6. CISCO Netriders
  7. Robot ICON
  8. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
  9. SATA (Sanggar Tari)
  10. Band
  11. Seni Musik
  12. Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam)
  13. Deltish (Delegation of English)
  14. STAR
  15. Sepak Bola
  16. Volley Ball
  17. Basket Ball
  18. Badminton
  19. Tenis Meja

Fasilitas Lainnya

Sebagai salah satu fasilitas mahasiswa yang dapat membantu proses belajar mengajar adalah dengan adanya media pembelajaran online (e-learning)E-Learning ini dapat digunakan oleh Dosen dalam menyampaikan materi ajar ataupun tugas kepada mahasiswa secara online atau jarak jauh (tanpa tatap muka) sehingga mahasiswa juga tetap dapat belajar dimanapun dan kapanpun.  

Selain itu, mahasiswa juga dapat berkreasi dalam tulisan ilmiah baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris yang dapat dipublikasikan lewat media student Jurnal Aksara Elementer dan Jurnal Aksara Komputer Terapan. Media ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh mahasiswa. 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan