Program Studi Teknik Informatika


Program Studi Teknik Informatika (PSTI) pada tahun 2008 dengan SK Kepmen No. 2008/D/T2008 dengan nama Program Studi Teknik Informatika Multimedia (PSTIM). Dua tahun kemudian (tahun 2010) PSTI mendapakan perpanjangan izin  dengan SK Kementrian Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah X nomor 4346/D/T/K-X/2010 dengan nama program studi Teknik Informatika. PSTI menyelenggarakan program pendidikan empat tahun dan meluluskan mahasiswa dengan sebutan Sarjana Sains Terapan (S.ST).

 

Visi 2026 PSTI :

Menjadi Program Studi unggulan yang dapat mencetak lulusan yang handal dan dapat bersaing dalam bidang Teknologi Informatika Multimedia

Misi PSTI :

  1. Menyelenggarakan Sistem Pendidikan Vokasi dalam bidang Teknik Informatika Multimedia yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan Teknik Informatika Multimedia terkini sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia, Barang, dan Jasa yang mampu bersaing secara global
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional/trampil dan ahli di bidangnya, berpikir terbuka serta siap bersaing di pasar global berdasarkan kompetensi dunia industri pada tingkat Nasional maupun Internasional dengan menyediakan sebuah lingkungan belajar yang baik bagi mahasiswa dengan berbagai fasilitas yang memadai.
  3. Mengembangkan riset terapan dengan memanfaatkan keilmuan di bidang Teknik Informatika Multimedia dalam rangka meningkatkan produktifitas dan nilai tambah bagi masyarakat.

Tujuan PSTI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang Teknik Informatika Multimedia
  2. Mempersiapkan lulusan Politeknik yang profesional secara mandiri, maupun di bawah pengawasan  dan bimbingan serta mempunyai tanggung jawab manajerial dengan kompetensi utama sebagai berikut :
    1. Mampu merancang dan membuat aplikasi animasi multimedia dalam bidang pendidikan, periklanan, dan hiburan.
    2. Mampu merancang dan membuat aplikasi cerdas yang menggunakan basis data.
    3. Mampu merancang dan membuat jaringan komputer multimedia.
    4. Mempunyai softskill yang meliputi kemampuan menyesuaikan diri, berkomunikasi, bekerja sama, dan memimpin
  3. Menyelenggarakan pengembangan dan penerapan di bidang Teknik Informatika Multimedia

Proses Belajar Mengajar :

Proses belajar di PSTI 68% jam perkuliahan diisi dengan praktikum di Laboratorium. Terdapat 12 Lab yang mendukung kompetensi utama PSTI. Selain kompetensi hard skill mahasiswa juga diberikan kompetensi softskill (kepemimpinan, kerjasama dan komunikasi) melalui perkuliahan kapita selekta, enabling skill dan kerja praktek lapangan yang dilakukan selama 1 semester (4 s.d 6 bulan). PSTI memberikan dukungan sepenuhnya bagi pengembangan ketrampilan mahasiswa dengan membuka peluang mahasiswa mengikuti training, kompetisi baik itu berskala lokal, nasional maupun internasional.

Kompetensi Program Studi :

  1. Animasi dan Game Development
  2. Jaringan Multimedia
  3. Kecerdasan Buatan

Karir Program Studi :

  1. Multimedia Developer
  2. Programmer dan System Analyst
  3. PNS, Pegawai Swasta dan Tenaga Pengajar (Laboran, Dosen)
  4. Swasta dibidang IT (Start Up Business)

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan