Program Studi Teknik Elektronika


Program Studi DIII-Teknik Elektronika merupakan program studi yang berdiri sejak tahun 2001 seiring dengan berdirinya Politeknik Caltex Riau. Program studi Teknik Elektronika menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan menekankan pada kemampuan praktik yang dilandasi oleh pengetahuan yang sesuai. Proses belajar mengajar didukung oleh fasilitas kelas dan laboraturium yang sangat memadai, dengan dipandu oleh dosen dan laboran yang berpengalaman. Dosen dan laboran telah mengikuti berbagai training baik dalam negeri maupun luar negeri.

Program studi DIII-Teknik Elektronika senantiasa melakukan evaluasi dan perbaikan agar dapat menyelenggarakan proses pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam rangka menghadapi persaingan pasar bebas dan berdasarkan pada Permendikbud No.73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)  Bidang Pendidikan Tinggi, saat ini DIII-Teknik Elektronika telah menerapkan Kurikulum berbasis KKNI. Kurikulum dan proses belajar mengajar dilaksanakan dengan mengacu pada standar, baik standar nasional seperti SKKNI (Standar Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia) maupun standar internasional seperti IEC standard.

Mata kuliah dirancang khusus untuk pengembangan ketampilan seperti Pemrograman berbasis mikrokontroller maupun komputer, Pengendalian berbasis Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI),  SCADA, Intrumentasi dan Kontrol Proses, Lab View, Perawatan dan Perbaikan, workshop kelistrikan, Industrial manufacturing system, serta sistem kendali dengan penggerak Pneumatik. Selain skill keteknikan, kurikulum juga diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki skill komunikasi yang baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris dan memiliki sikap yang tangguh, jujur, dan mampu bekerja sama.

Saat ini DIII-Teknik Elektronika juga sedang merancang sistem sertifikasi untuk mengukur ketercapaian kompetensi keahlian seperti sertifikasi keahlian bidang Pengukuran Listrik, Elektronika analog, Elektronika digital, Instrumentasi, PLC, HMI, SCADA dan Lab View. 

Visi, Misi dan Tujuan

Visi Program Studi DIII-Teknik Elektronika

“Diakui sebagai penyelenggara pendidikan keteknikan yang unggul dengan keahlian pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang mampu bersaing secara global”.

Misi Program Studi Teknik Elektronika

Misi dari program studi DIII-Teknik Elektronika adalah:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi Teknik Elektronika yang berkualitas di bidang instrumentasi dan sistem kendali;
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional/terampil dan ahli di bidang instrumentasi dan sistem kendali, memiliki softskill yang baik, berpikir terbuka, serta mampu bersaing berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional;
  3. Mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat untuk melayani kebutuhan masyarakat dan industri yang meliputi kebutuhan sumber daya manusia, barang dan jasa.

Tujuan Program Studi Teknik Elektronika

DIII-Teknik Elektronika dalam melaksanakan proses pendidikannya memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi unggul dalam hal pengetahuan, ketrampilan dan sikap pada bidang instrumentasi dan sistem kendali.
  2. Mengembangkan komitmen dan suasana akademik yang baik sehingga mendukung aktivitas sivitas akademika dalam menjalankan fungsi dan perannya.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat guna memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

Kompetensi Program Studi Elektronika :

  1. Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi,  interpertasi instruksi,  pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, trouble shooting dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teorema yang bersesuaian.
  2. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk  masalah instrumentasi dan sistem kendali  menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan.
  3. Mampu merancang sistem sederhana dan merealisasikan rancangan sistem kendali yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan.
  4. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan.
  5. Mampu menggunakan perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali

Kegiatan Kemahasiswaan 

Selain mengikuti proses belajar mengajar, mahasiswa DIII-Teknik Elektronika juga aktif melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler baik di bidang ilmiah maupun nonilmiah seperti kegiatan bidang olah raga, latihan kepemimpinan, dll.

Prestasi 

  1. Peraih insentif Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis DIKTI 2015 (1 judul)
  2. Peraih pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta DIKTI 2015 ( 2 judul)
  3. 8 Besar National University Debating Championship Tingkat Nasional 2015
  4. Juara 2 Lomba Teknologi Tepat Guna, Pekan Inovasi RRI Pekanbaru 2015
  5. Peraih insentif Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis DIKTI 2014 (2 judul)
  6. Peraih pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta DIKTI 2014 ( 2 judul)
  7. Juara Harapan 1 Lomba PLC Tingkat Nasional, ITB 2014
  8. Peraih pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta DIKTI 2013 ( 2 judul)
  9. Juara 2 Syaria Bank Expo Speech Contest, 2012
  10. 8 Besar National University Debating Championship Tingkat Kopertis X 2012
  11. Finalis English Festival Debate Contest, 2012
  12. Finalis Gemastik DIKTI Kategori Piranti Cerdas, 2011
  13. Juara 2 Lomba PLC Tingkat Nasional, Aceh 2011
  14. Juara 2 Kontes Robot Cerdas Indonesia Beroda Regional Sumatera, Batam 2011
  15. Peraih pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi DIKTI 2010 ( 2 judul)
  16. Juara 2 Kontes Robot Abu Indonesia Regional Sumatera, Pangkal Pinang 2010

Karir Program Studi Teknik Elektronika :

  1. Lulusan DIII-PSTE telah terserap dunia kerja di berbagai bidang dengan masa tunggu kerja rata-rata yaitu selama 3.8 bulan.
  2. Beberapa bidang kerja lulusan DIII-Teknik Elektronika antara lain:
    1. Sektor Kelistrikan (PT.PLN,PJB,Indonesia Power dll)
    2. Sektor Pertambangan dan Migas (PT.Pertamina, PT.Bukit Asam, PT.Chevron, Halliburton, Schlumberger dll)
    3. Industri Pengolahan (PT.RAPP, IKPP, P&G dll)
    4. Industri instrumentasi (PT.Yokogawa, Schneider dll)
    5. Pegawai Negeri Sipil
    6. Tenaga Pendidik (Laboran, Guru dll)
    7. Wiraswasta (bidang robotika dll)
    8. DLL

 

 

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan