Program Studi Teknik Mekatronika


Program Studi Teknik Mekatronika dibuka pada tahun 2003 berdasarkan SK No 2300/D/T/2003 untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D3).  Mekatronika secara keilmuan adalah gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan, diantaranya: Teknik Mesin/Mekanik, Teknik Kontrol, Teknik Elektro, dan Pengetahuan Perangkat Lunak (software) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum. Setiap lulusan Teknik Mekatronika dibekali kemampuan memahami, merancang, membuat dan memelihara sistem otomasi industri sehingga dapat berperan aktif dan handal dalam setiap kegiatan perencanaan, proses produksi, pengembangan kualitas output dan pemeliharaan hasil-hasil produksi.

Salah satu misi Program Studi Teknik Mekatronika adalah menyediakan sebuah suasana akademis yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berpikir terbuka (open minded) serta siap bersaing di pasar global berdasarkan kompetensi dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, sistem pendidikan didukung dengan fasilitas-fasilitas berkelas industri yang digunakan dalam setiap kegiatan praktikum di laboratorium.  

Program Studi D3 Teknik Mekatronika (PSTM) mempunyai visi misi sebagai berikut:

Visi PSTM adalah “Menjadi program studi unggulan yang mampu mencetak lulusan yang handal dan dapat bersaing secara global di bidang mekatronika”.

Sedangkan Misinya adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional dalam bidang Teknik Mekatronika yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi khususnya yang terkait dengan bidang mekatronika sehingga menghasilkan sumber daya manusia, perangkat keras dan jasa yang mampu bersaing secara global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional/terampil dan ahli di bidang mekatronika khususnya otomasi industri dan teknologi tepat guna.
  3. Menyediakan sebuah suasana akademis yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berpikir terbuka (open minded) serta siap bersaing di pasar global berdasarkan kompetensi dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional.
  4. Ikut berperan aktif dalam pengembangan asosiasi profesi bidang mekatronika yang menunjang kelancaran hubungan institusional dengan masyarakat industri.
  5. Mengembangkan riset terapan bidang mekatronika untuk melayani kebutuhan industri yang meliputi kebutuhan sumber daya manusia, konsultasi teknis dan penelitian

Program studi ini bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global dalam bidang mekatronika
  2. Meningkatkan partisipasi elemen masyarakat untuk mendalami bidang mekatronika.
  3. Menciptakan produk penelitian bidang mekatronika yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat (teknologi tepat guna).?

Semenjak berdiri tahun 2003, lulusan Program Studi Teknik Mekatronika PCR hingga kini telah banyak bekerja di perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional, seperti : Schlumberger, Patra SK, Chevron, Trimba Telecommunication, Medco Energi, Tim Metal Batam, Energi Mega Persada, RAPP, Pertamina, Halliburton, IKPP, LNG Arun, Kalila Bentu Ltd, Bakri Group, Soon Poh Technologies, dll. Beberapa di antaranya berhasil mendapatkan predikat trainee terbaik di Training Centre perusahaan-perusahaan tersebut.

Kompetensi Program Studi :

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Mekatronika ini dirumuskan berdasarkan tujuan pendidikan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi serta pengguna lulusan, baik secara nasional ataupun internasional, yang secara umum dijabarkan sebagai berikut:

  1. Memiliki sikap dan pribadi warga negara Indonesia yang jujur dan bertanggung jawab serta berjiwa entrepreneur  yang mampu bekerja dalam suatu team work.
  2. Menguasai dasar keilmuan yang kuat pada bidang mesin, elektronika, dan pemprograman komputer serta mensinergikannya menjadi dasar keilmuan mekatronika dalam proses produksi, operasi dan pemeliharaan.
  3. Menguasai teknik menggambar menggunakan CAD/CAM
  4. Menguasai sistem otomasi industri
  5. Mampu merancang, memasang, dan merawat sistem robotika industri baik dalam teknik produksi ataupun proses manufaktur.
  6. Siap berkembang, dapat meningkatkan keterampilan di lapangan pekerjaan mempunyai bekal memadai untuk terus memperbaharui ilmu pengertahuan dan keterampilannya. 
  7. Memiliki Soft Skill  yang diperlukan dalam menjalankan profesi sebagai tenaga ahli madya di bidang mekatronika

Karir Program Studi :

Berdasarkan kompetensi yang dimiliki, lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh para lulusan Teknik Mekatronika diantaranya adalah:

  1. Industri rancang-bangun infrastruktur bagi eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi dan mineral.
  2. Perusahaan operasi dan produksi sumber daya energi (listrik) dan tenaga uap.
  3. Perusahaan jasa pemeliharaan alat-alat produksi dan operasi pada industri hulu dan industri hilir perminyakan.
  4. Industri produksi Pulp and Paper
  5. Industri pengelolaan logam, aluminium dan non ferros metal lainnya.
  6. Industri produksi yang berbasis elektronika dan mikroprocessor.
  7. Bidang kerja berbasis mekanik dan instrumentasi  elektronik lainnya

Posisi pekerjaan yang dapat dimasuki diantaranya:

  1. Senior Drafter (CAD/CAM)                  
  2. Head Control System Technician
  3. Head Field Maintenance
  4. Head Operator
  5. Instructor
  6. Senior Technician (Instrument/Machines)
  7. Senior Robotic System Maintenance
  8. Supervisor
  9. Entrepreneur

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan