Program Studi Bisnis Digital


Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital muncul sebagai respon terhadap pesatnya pertumbuhan bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, seperti semakin pesatnya pertumbuhan E-commerce,  industri kreatif dalam bidang konten digital, game dan media sosial serta sebagian besar perusahaan sudah bertransformasi dalam pengelolaan bisnisnya yang sebelumnya masih tradisional menjadi perusahaan yang sudah menerapkan teknologi digital. Program studi ini merupakan perpaduan antara ilmu bisnis dan teknologi digital, dibuat dan dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang ahli dalam merumuskan strategi bisnis yang tepat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, seperti pemanfaatan Big Data dan Artificial Intelligence dalam bisnis, yang memerlukan kajian terstruktur, mendalam dan berkelanjutan.

 

Visi Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital

Diakui sebagai program studi unggulan di bidang Bisnis Digital yang dapat bersaing secara ASEAN Tahun 2031.

 

Misi Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional di bidang bisnis digital untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan iman, taqwa, ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan sehingga mampu bersaing secara ASEAN.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang bisnis digital sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan permasalahan ASEAN.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang bisnis digital untuk menggali dan membantu pertumbuhan potensi masyarakat.
  4. Ikut berperan aktif dalam asosiasi profesi yang menunjang pengembangan kegiatan akademik dan kelancaran hubungan dengan dunia usaha.

 

Keunggulan/keunikan Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital

Keunggulan/keunikan program studi ini terletak pada penerapan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital khususnya dibidang perkebunan. Hal ini ditandai dengan memuat beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan perkebunan, seperti Pengetahuan dasar tanaman Perkebunan, Analisis Bisnis (Product & Market) Perkebunan dan pengelolaan industri Perkebunan. Program Studi ini adalah salah satu program studi yang ada di Institusi Politeknik Caltex Riau (PCR), yang terletak di Provinsi Riau, yang merupakan salah satu provinsi yang memiliki lahan perkebunan terluas di Indonesia, seperti perkebunan Kelapa Sawit, Kelapa dan Karet.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari website resmi bps tahun 2021, untuk tanaman kelapa, Provinsi Riau menduduki urutan pertama dalam hal luas areal tanamannya di seluruh Indonesia, yaitu mencapai 432.300 hektar. Sementara untuk tanaman kelapa sawit, juga menempati urutan pertama dalam hal luas tanaman perkebunan di Indonesia, yaitu seluas 2,8 juta hektar. Dan untuk tanaman karet, Riau menempati urutan ke-5 se-Indonesia dalam hal luas tanamannya, yaitu mencapai 339.400 hektar. Berdasarkan data tersebut, sangat memungkinkan sekali untuk menerapkan teknologi digital dalam hal meningkatkan produksinya, dan pendanaan untuk para petani kebunnya, dengan tujuan untuk lebih bisa meningkatkan produksinya dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

 

 

Karir Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital

  1. Technopreneur
  2. Digital Entrepreneur
  3. Analis Data Bisnis Digital
  4. Startup Consultant
  5. Social Media Analyst
  6. Data Analyst
  7. Digital Marketing Specialist
  8. Business Development
  9. Product Manager

 

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan