Program Studi Teknik Listrik


Program Studi Teknik Listrik mendapat ijin operasional pada tahun 2015 dan memulai kegiatan akademik pada tahun 2016. Tujuan dari pendirian Program Studi ini adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja dibidang Listrik yang semakin berkembang dengan pesat dan juga semakin berkembangnya kebutuhan tenaga pengajar untuk institusi pendidikan vokasi.

Visi dan Misi Program Studi D4 - Teknik Listrik 

Visi :

Diakui sebagai Program Studi Unggul yang mampu bersaing di bidang Teknologi Rekayasa Instalasi, Proteksi dan Otomasi Tenaga Listrik pada Tingkat nasional maupun ASEAN pada tahun 2031

Misi :

  1. Menyelenggarakan system Pendidikan vokasi pada bidang Teknologi Rekayasa Instalasi, Proteksi dan Otomasi Tenaga Listrik yang berkualitas serta relevan pada Tingkat nasional maupun ASEAN.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional/terampil dan ahli di bidang Teknologi Rekayasa Instalasi dan Otomasi Tenaga Listrik, memiliki softskill yang baik, berpikir terbuka, serta mampu bersaing berdasarkan kompetensi dunia kerja serta menjunjung tinggi nilai budaya luhur yang berkarakter dan bermartabat.
  3. Melaksanakan penelitian bidang teknologi rekayasa kelistrikan dan menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan bidang teknologi rekayasa tenaga listrik.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya organisasi.

Tujuan :

  1. Menyelenggarakan   Program  Studi  Teknik  Listrik  berkualitas  yang  berbasis  kepada  kebutuhan tenaga ahli pada industri Nasional dan ASEAN
  2. Mempersiapkan     lulusan     Politeknik   dengan  kompetensi   bidang  kelistrikan     yang     mampu menghadapi    persaingan  dunia kerja,   bekerja    sesuai  dengan  kompetensi  bidangnya  baik secara mandiri maupun di bawah pengawasan dan bimbingan, serta mempunyai kemampuan manajerial.
  3. Menjadi  Program  Studi  yang  memiliki  penelitian  dan  pengabdian  masyarakat  sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Kompetensi Lulusan :

  1. Mampu merancang sistem instalasi dan otomasi tenaga listrik pada sistem tegangan rendah dan menengah dan mewujudkannya dengan aplikasi Computer Aided Design (CAD) dengan mengacu pada  standar enginering.
  2. Mampu memasang sistem instalasi, proteksi dan otomasi pada system tenaga listrik  dengan menggunakan teknologi programmable controller.
  3. Mampu melakukan analisa karakteristik, kesalahan serta optimasi pada pengoperasian dan perawatan system instalasi, proteksi dan otomasi system tenaga listrik.
  4. Mampu memimpin dan mengatur pada pekerjaan pemasangan, pengoperasian, dan perawatan sistem instalasi, proteksi dan otomasi tenaga listrik.

 

Mahasiswa juga dipersiapkan agar mampu memimpin dan mengatur pekerjaan pemasangan, pengoperasian dan perawatan sistem instalasi dan otomasi tenaga listrik. Oleh karena itu mahasiswa dibekali dengan pengetahuan pendukung seperti komunikasi, bahasa, kepemimpinan, hukum, dan kemampuan soft skill lainnya. Bidang ilmu pendukung tersebut juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari materi yang dipelajari mahasiswa.

Dengan kualifikasi tersebut maka lulusan Program Studi Teknik Listrik dapat bekerja sebagai perancang maupun inspektor sistem instalasi dan otomasi listrik, manager kelistrikan bangunan/pabrik, serta kontraktor instalasi listrik.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan