Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika


Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika (PSTRM) merupakan transformasi dari program studi D3 Teknik Mekatronika  yang dibuka pada tahun 2003. Mekatronika secara keilmuan mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika, informatika dan kontrol dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum. PSTRM memiliki keunggulan sepesifik pada bidang rekayasa teknologi mekatronika dimana konsentrasi utama pada bidang teknologi otomasi industri berbasis IoT. Penguatan pada bidang IoT merupakan keunggulan spesifik yang dikembangkan untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi 4.0.  Selain itu, penekanan lain juga diberikan pada bidang desain dan proses manufaktur. Keunggulan spesifik ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan industri yang berada di sekitar Riau dan Kepulauan Riau dimana banyak ditemukan industri manufaktur yang berbasis sistem otomasi.

Salah satu misi Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika adalah menyediakan sebuah suasana akademis yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berpikir terbuka (open minded) serta siap bersaing di pasar global berdasarkan kompetensi dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, sistem pendidikan didukung dengan fasilitas-fasilitas berkelas industri yang digunakan dalam setiap kegiatan praktikum di laboratorium.  

Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Mekatronika (PSTRM) mempunyai visi misi sebagai berikut:

Visi Prodi PSTRM adalah “Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa mekatronika yang mampu mencetak lulusan yang handal dan dapat bersaing secara Nasional maupun ASEAN Tahun 2031”

Sedangkan Misinya adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional dalam bidang Rekayasa Mekatronika, khususnya pada bidang manufaktur dan otomasi industri, yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sehingga menghasilkan sumber daya manusia, perangkat keras dan jasa yang mampu bersaing di tingkat Nasional maupun ASEAN.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional/terampil dan ahli di bidang rekayasa mekatronika, khususnya bidang manufaktur dan otomasi industri, termasuk yang berbasis IoT.
  3. Menyediakan suasana akademis yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berpikir terbuka (open minded) serta siap bersaing di pasar global berdasarkan kompetensi dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional.
  4. Ikut berperan aktif dalam pengembangan asosiasi profesi bidang rekayasa mekatronika yang menunjang kelancaran hubungan institusional dengan masyarakat industri.
  5. Mengembangkan riset terapan bidang rekayasa mekatronika untuk melayani kebutuhan industri yang meliputi kebutuhan sumber daya manusia, konsultasi teknis dan penelitian.

Program studi ini bertujuan untuk:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional dalam bidang Teknologi Rekayasa Mekatronika dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara Nasional maupun ASEAN yang meliputi  pengetahuan, ketrampilan dan sikap.
  2. Menciptakan proses pendidikan yang berkualitas dengan suasana akedemik yang kondusif, bersinergi dengan lingkungan masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial.
  3. Meningkatkan kemampuan dan kapasitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menciptakan budaya kreatif, inovatif dan peka terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi negara.
  4. Membangun kualitas dan karakter sumberdaya manusia, manajemen dan organisasi yang profesional dengan memiliki budi pekerti yang baik bagi seluruh civitas akademika

Program studi ini memiliki kompetensi unggulan pada ada bidang rekayasa teknologi mekatronika dimana konsentrasi utama pada bidang teknologi otomasi industri berbasis IoT, bidang desain dan proses manufaktur.

Lulusan PSTRM hingga kini telah banyak bekerja di perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional, seperti : Schlumberger, Patra SK, Chevron, Medco Energi, Tim Metal Batam, Energi Mega Persada, RAPP, Pertamina, Halliburton, IKPP, LNG Arun dan lain-lain. Beberapa di antaranya berhasil mendapatkan predikat trainee terbaik di Training Centre perusahaan-perusahaan tersebut.

Kompetensi Program Studi :

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Mekatronika ini dirumuskan berdasarkan tujuan pendidikan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi serta pengguna lulusan, baik secara nasional ataupun internasional, yang secara umum dijabarkan sebagai berikut:

  1. Memiliki sikap dan pribadi warga negara Indonesia yang jujur dan bertanggung jawab serta berjiwa entrepreneur  yang mampu bekerja dalam suatu team work.
  2. Menguasai dasar keilmuan yang kuat pada bidang mesin, elektronika, dan pemprograman komputer serta mensinergikannya menjadi dasar keilmuan mekatronika dalam proses produksi, operasi dan pemeliharaan.
  3. Menguasai sistem otomasi industri berbasis IoT
  4. Menguasai teknik menggambar menggunakan CAD/CAM
  5. Mampu merancang, memasang, dan merawat sistem robotika industri baik dalam teknik produksi ataupun proses manufaktur.
  6. Siap berkembang, dapat meningkatkan keterampilan di lapangan pekerjaan mempunyai bekal memadai untuk terus memperbaharui ilmu pengertahuan dan keterampilannya. 
  7. Memiliki Soft Skill  yang diperlukan dalam menjalankan profesi sebagai tenaga ahli madya di bidang mekatronika

Karir Program Studi :

Berdasarkan kompetensi yang dimiliki, lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh para lulusan Teknik Mekatronika diantaranya adalah:

  1. Mechatronics Engineer
  2. Automation Engineer
  3. Automation Technician
  4. Manufacturing Engineer
  5. Electro and Mechanical Drafter
  6. Project Engineer
  7. Project Manager
  8. Supervisor
  9. Instructor/Educator
  10. Technopreneur (Wirausaha di Bidang Teknologi)

  
  

Akreditasi:

Akreditasi Teknologi Rekayasa Mekatronika 2023 - 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan