Program Studi Teknik Mesin


Program Studi Teknik Mesin mendapat ijin operasional pada tahun 2015 dan memulai kegiatan akademik pada tahun 2016. Tujuan dari pendirian Program Studi ini adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja dibidang Teknologi Permesinan baik mesin manufaktur maupun mesin konversi energi yang semakin berkembang dengan pesat dan juga semakin berkembangnya kebutuhan tenaga pengajar untuk institusi pendidikan vokasi.

Pada Program Studi D4 - Teknik Mesin mahasiswa mampu merancang produk dengan menggunakan software Computer Aided Design (CAD), baik 2D maupun  3D. Mampu menganalisa desain produk rancangan.  Mampu mengoperasikan  mesin-mesin produksi baik mesin konvensional maupun mesin berbasis Computer Numerical Control (CNC). Mampu merancang proses permesinan dengan bantuan software Computer Aided Maufacturing (CAM) yang memudahkan dalam proses mesin berbasis CNC. Mampu melakukan proses pengelasan untuk membuat kontruksi rangka mesin. Mampu merawat dan memperbaiki mesin – mesin fluida seperti Pompa, Turbin,  dan Penumatik/Hidrolik. Mampu  merawat dan memperbaiki mesin motor bakar seperti mesin diesel dan mesin gasoline, serta mampu mengetahui dan melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Untuk bidang Perancangan Mesin yang dibahas adalah teknik menggambar mesin baik secara manual maupun dengan menggunakan software seperti Computer Aided Design (CAD) 2D dan CAD 3D. Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan dalam merawat dan memperbaiki sistem permesinan, baik sistem perawatan berkala maupun overhoul. Dalam sistem perawatan, materi yang dipelajari meliputi uji geometri, uji vibrasi, pelumas, dan kebisingan pada sistem permesinan. Untuk rekayasa konversi Energi mengkaji bagaimana menciptakan energi-energi alternatif yang bersumber kepada pemanfaatan sumber energi yang ada, seperti biomassa dari kelapa sawit, kayu dan pembangkit listrik tenaga mikro Hidro (PLTMH).

Selain kompetensi di bidang teknis, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan softskill sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Dengan kompetensi yang dimiliki maka alumni program studi Teknik Mesin dapat bekerja sebagai Drafter, Supervisor proses produksi, Supervisor/Manajer perawatan maupun sebagai Supervisor quality control.

Kompetensi Program Studi Teknik Mesin :

  1. Mampu menguasai tata cara menggambar mesin dengan baik dan benar serta manguasai software perancangan aplikasi komputer baik perancangan CAD 2D dan CAD 3D.
  2. Mampu merancang dan menganalis komponen mesin.
  3. Mampu mengoperasikan mesin-mesin manufaktur baik mesin konvensional seperti mesin bubut, milling, dan mesin las, maupun mesin otomatis seperti CAM dan CNC.
  4. Mampu merancang kontruksi dan pengelasan logam.
  5. Menggunakan berbagai peralatan (tools) dan manual book untuk melakukan perawatan dan perbaikan.
  6. Mampu melaksanakan pekerjaan dengan aman dan dapat membuat laporan sesuai standar pekerjaan
  7. Mampu menganalisa perawatan dan perbaikan mesin perkakas konventional dan non-konventional.
  8. Mampu membongkar dan merakit kembali komponen-komponen unit permesinan
  9. Mampu melakukan reability centered maintenance pada mesin engine
  10. Mampu mengatur manajemen troubleshooting pada permasalahan-permasalahan peralatan dan servis
  11. Mampu menganalisa kegagalan pada mesin (failure analysis)
  12. Mampu menganalisa fluida yang bekerja pada sistem permesinan
  13. Mampu mengetahui sistem kerja motor bakar pada unit permesinan
  14. Menganalisa sistem perpindahan bahan pada unit permesinan
  15. Mampu menganalisa kekuatan dan struktur bahan pada suatu materil
  16. Mampu membuat terobosan-terobosan baru dalam bidang rekayasa konversi energi.
  17. Mampu untuk berkomunikasi secara efektif, melalui bahasa lisan maupun tulisan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan