Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi


Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi merupakan bagian dari Jurusan Elektro. Prodi ini juga yang pertama se-Sumatera menggelar program sarjana sains terapan (D-IV). Pada Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi, mahasiswa akan menguasai desain dan rekayasa perencanaan jaringan telekomunikasi dan elektronika, komunikasi data, radar, perencanaan antena, multimedia broadcasting, mobile communication, rekayasa trafik, dan troubleshooting perangkat telekomunikasi.

Para mahasiswa semasa di bangku kuliah sudah menggunakan kurikulum CISCO dan program CCNA. Lembaga Sertifkasi Profesi (LSP) pada 2009 juga memberikan sertifkasi untuk sistem informasi dan jaringan serta programing untuk prodi. Alumni prodi ini tersebar di berbagai sector mulai dari pemerintah, perbankan, perusahaan minyak dan gas dan juga ada yang berwiraswasta.

Visi

“Menjadi program studi yang unggul dan berkualitas global serta dapat mencetak lulusan yang handal dalam bidang Teknik Elektronika dengan keahlian khusus Telekomunikasi”.

Misi

  1. Menyelenggarakan Sistem Pendidikan vokasi dalam bidang Teknik Elektronika khususnya Telekomunikasi yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi Telekomunikasi terkini sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia, Perangkat Keras dan Jasa yang mampu bersaing secara global.
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang Telekomunikasi dengan kompetensi jaringan dan nirkabel pada tingkat Nasional maupun Internasional.
  3. Mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai etika, moral agama, dan moral akademis sehingga menghasilkan lulusan di bidang Telekomunikasi yang berakhlak mulia.
  4. Mengembangkan riset terapan dan pengabdian masyarakat untuk melayani kebutuhan industri Telekomunikasi yang meliputi kebutuhan sumber daya manusia, konsultasi teknis, dan penelitian.

 

Tujuan didirikannya Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global
  2. dalam bidang Teknik Elektronika dengan keahlian khusus Telekomunikasi.
  3. Meningkatkan partisipasi elemen masyarakat untuk mendalami bidang Elektronika khususnya Telekomunikasi.
  4. Menciptakan produk penelitian bidang Elektronika dan Telekomunikasi yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat serta menerapkan keilmuan bidang Elektronika dan Telekomunikasi melalui kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat.

Proses Belajar Mengajar :

Sebagai salah satu Pendidikan Tinggi dalam bentuk Vokasi, PS TET PCR mengedepankan kemampuan dan skill praktik dengan porsi lebih banyak daripada teori. Proses Belajar Mengajar di Laboratorium memiliki porsi lebih banyak dan menjadi fokus kompetensi utama untuk memenuhi kebutuhan industri. Sistem perkuliahan dalam bentuk paket dengan jam belajar mulai 07.00-16.00 (8 jam sehari) mengikuti jam kerja di industri.

Keaktifan Mahasiswa :

Keaktifan Mahasiswa ditunjukkan melalui kegiatan diberbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) meliputi HIMA AET, UKM Kerohanian, UKM Olah Raga, dan UKM Hobi, serta beberapa mahasiswa TET berkarir di keorganisasian BEM. Selain kegiatan internal, kegiatan dalam bentuk interaksi dengan pihak luar juga dilaksanakan rutin tahunan seperti training dibidang ICT untuk siswa SMA/SMK dan umum. Kegiatan lain yang menjadi unggulan mahasiswa TET adalah student day, yaitu even tahunan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dari mahasiswa dalam bidang apapun.

Sedangkan untuk penelitian dosen yang tentunya melibatkan mahasiswa yang sudah dilakukan antara lain:

  1. Penelitian Hibah Bersaing
  2. Penelitian Dosen Pemula
  3. Penelitian internal
  4. Pengabdian Masyarakat

Beberapa kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut diselenggarakan mulai dari internal PCR, kopertis sampai DIKTI atau nasional. Hasil dari penelitian tersebut telah terpublikasi pada proceding dan jurnal baik nasional maupun internasional. 

Kompetensi Program Studi :

  1. Mampu merancang, memasang, dan merawat jaringan telekomunikasi (meliputi komunikasi optik, wireline dan wireless).
  2. Memiliki kemampuan dalam merawat dan perbaikan sistem komunikasi bergerak (mobile communication) dan multimedia broadcasting.
  3. Memiliki kemampuan dalam perancangan dan implementasi jaringan komputer (LAN dan WAN) yang berbasis pada sistem integrator dalam bidang Information and Communication Technologi (ICT).
  4. Memiliki kemampuan dalam pengembangan dan perawatan jaringan komputer (LAN dan WAN).

Karir Program Studi :

Lulusan  Teknik Elektronika Telekomunikasi banyak bekerja di berbagai bidang. Program studi T. Elektronika D4 berada di bawah jurusan Elektro membuat lulusannya banyak diserap di berbagai perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, baik perusahaan nasional maupun multinasional. Sebagian besar alumninya bekerja di perusahaan multinasional minyak dan gas bumi, disusul dengan bidang telekomunikasi seluler di mana untuk bidang ini lulusannya mampu bersaing dengan yang lain.

Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi :

Sertifikat dapat didownload disini

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan