Laporan Kinerja Tahunan 2021

Pada tahun 2021, PCR masih harus menghadapi pandemi Covid-19 yang sempat mengalami peningkatan jumlah kasus penyebaran pada pertengahan tahun 2021. Segenap Civitas Akademika PCR beserta Tenaga Kependidikan dituntut untuk terus berupaya berinovasi dengan segala keterbatasan untuk mempertahankan capaian-capaian PCR sebelumnya serta melakukan perbaikan-perbaikan dan pembaruan-pembaruan sebagai respon terhadap dinamika yang berkembangUpaya maksimal yang  dilakukan oleh semua pihak terbukti berhasil dibuktikan dari kinerja PCR sepanjang 2021 yang optimal dan diraihnya berbagai capaian dan prestasi ditengah kondisi yang tidak diharapkan.

 

Program-program kerja PCR di tahun 2021 diselaraskan dengan program-program yang terdapat dalam Rencana Strategis (Renstra) PCR tahun 2017– 2021, Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) 2017-2031 dan didasarkan pada hasil analisis terhadap faktor internal dan eksternal PCR.

Berdasarkan perbandingan antara realisasi kinerja dan target kinerja pada kontrak kinerja, menunjukkan bahwa sebagian target berdasarkan kontrak kinerja telah terpenuhi dan sebagian telah melebihi dari target kinerja yang telah ditetapkan. Diantaranya adalah Pemenang Hibah Program Pengembangan Teaching Factory, Teaching Industry, dan Center of Excellence (TF, TI dan CoE) dan Hibah Program Penguatan Penguatan Perguruan Tinggi Yokasi (P3TV)  yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Vokasi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Akreditasi Prodi D4 Sistem Informasi dan Prodi D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi sesuai target yaitu A, jumlah kerja sama baru melebihi target yaitu 237 kerjasama, jumlah mahasiswa baru sebanyak 514 mahasiswa, dan pelaksanaan tracer study  pada tahun 2021 melampaui dari target respon rate yang telah ditetapkan.

Berikut detail jumlah kerja sama baru secara keseluruhan dalam 5 tahun terakhir, rincian masa berakhir kerja serta klasifikasi mitra dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

 

Untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan, IPK lulusan yang sebelumnya pada tahun 2020 adalah 3,24, pada tahun 2021 ini mencapai 3,29, perolehan Sertifikasi Kompetensi/profesi/industri yang sebelumnya pada tahun 2020 tercapai 62,4%, pada tahun 2021 meningkat hingga 88,03%, dan persentase keberhasilan studi pada tahun 2020 hanya mencapai 67,89%, pada tahun 2021 meningkat menjadi 82,8%. Rincian capaian dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Sedangkan pada kategori penelitian, persentase partisipasi dosen dalam publikasi ilmiah dan partisipasi dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan target yaitu 100%, sedangkan partisipasi dosen sebagai penulis pertama dalam jurnal sebesar 60.91% dari target 100%, akan tetapi  mengalami peningkatan sebesar 15,13% dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini diharapkan dapat ditingkatkan lebih baik lagi di tahun 2022. Adanya strategi berupa penetapan indikator KPI dosen sebagai penulis pertama di jurnal ilmiah, yang juga tercantum dalam peraturan kepegawaian, ternyata belum cukup ampuh untuk memacu dosen untuk melakukan publikasi sebagai penulis pertama di jurnal ilmiah.  Rincian capaian dapat dilihat pada tabel dan gambar dibawah ini.

 
Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2021 dilaksanakan melalui sistem spmi.pcr.ac.id. Kegiatan AMI dilaksanakan 2 kali yaitu AMI Akademik dan AMI non Akademik. AMI Akademik dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil capaian indikator standar untuk setiap program studi sedangkan AMI non Akademik dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil capaian indikator standar untuk setiap Bagian/Bidang. Pelaksanaan AMI dilakukan di bawah koordinasi Bagian Penjaminan Mutu Internal dan dibantu oleh Auditor Internal yang sudah tersertifikasi. Hasil AMI program studi dan AMI Bagian/Unit untuk periode 2021 dapat dilihat pada gambar dibawah ini.