Laporan Kinerja Tahunan 2022

Rencana Kinerja PCR secara keseluruhan dituangkan pada Rencana Strategis 2022-2026 dan selanjutnya dijadikan acuan dalam perumusan indikator kinerja pada Standar SPMI. Penyusunan Rencana Strategi PCR didasarkan pada visi dan misi PCR, hasil evaluasi diri serta strategi pengembangan jangka panjang Pendidikan Tinggi Nasional.

 

Secara umum kinerja PCR pada tahun 2022 sudah sangat baik yang didasarkan pada tercapainya program kerja dan indikator kinerja yang telah ditentukan. Dari banyak pencapaian yang diraih pada tahun 2022, pencapaian yang paling membanggakan adalah tetap terjaganya peningkatan kepercayaan dari masyarakat, khususnya orang tua untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya di PCR. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mencapai angka terjadi yaitu 703 orang, terdiri atas 676 mahasiswa D4, serta 27 orang mahasiswa magister terapan. Pada tahun ini PCR menambah kelas-kelas tambahan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di PCR.

Pengelolaan Pencapaian Kinerja.

Secara umum pengelolaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan berjalan lancar dan sesuai dengan target indikator kinerja. Bidang Akademik berfokus pada normalisasi kegiatan pasca pandemi Covid-19, Penyelesaian Transformasi program studi D4 ke D4 dan melanjutkan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) yang merupakan amanat dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) tahun 2020. Dengan berhasilnya proses transformasi saat ini PCR memiliki 10 program studi D4 atau Sarjana Terapan, adapun 5 program studi D3 dalam proses meluluskan beberapa mahasiswa tingkat akhir yang belum berhasil lulus pada Oktober 2022 dan tidak lagi menerima mahasiswa baru. 

Kurikulum MBKM mulai dilaksanakan di PCR pada tahun akademik 2022/2023, beberapa bentuk pembelajaran yang sebelumnya sudah dijalankan di PCR masuk ke  dalam program MBKM seperti Kerja Praktik/Magang, Penelitian, dll.

Pada tahun 2022 PCR berhasil mewisuda 530 lulusan baru, terdiri atas 245 dari Program Ahli Madya, 273 dari Program Sarjana Terapan, serta 12 orang lulusan Program Magister Terapan. Hingga tahun 2022, PCR telah mempunyai lulusan sebanyak 5129 orang. Pada tahun 2022 ini pertama kalinya PCR menghasilkan lulusan dari Program Magister Terapan. Berdasarkan data lulusan yang diwisuda tahun 2022, lulusan tepat waktu adalah 93.36% untuk lulusan Program Ahli Madya, 89.22% untuk Program Sarjana Terapan, serta 100% untuk Program Magister Terapan. IPK rata-rata untuk Program Ahli Madya adalah 3.3, Program Sarjana Terapan 3.47, dan untuk Program Magister Terapan adalah 3.84. .

Kerjasama dan kemitraan yang dilakukan PCR dengan institusi/instansi lain diikat melalui dokumen perjanjian kerjasama, baik berupa Memorandum of Understanding, Memorandum of Agreement, dan Implementation Arrangement. Kerjasama dan kemitraan yang dijalankan melibatkan perusahaan, institusi pendidikan tinggi, sekolah, lembaga swadaya masyarakat, dan pemerintahan. Kerjasama Tahun 2022 diklasifikasikan kedalam data kerjasama baru di tahun berjalan dan kerjasama lama yang masih aktif hingga Tahun 2022.

  

Pada tahun 2022, kepercayaan dari dunia usaha dunia industri, kementerian, dan pemerintah daerah terus meningkat. Kepercayaan industri lainnya adalah diwujudkan dalam bentuk kemitraan strategis berkelanjutan. Beberapa industri yang dapat di highlight diantaranya adalah PT. Pertamina Hulu Rokan dalam program penguatan ekosistem vokasi di Riau, PT. LX International dalam Pengembangan Pusat Informatika Berbasis Kurikulum Korea, Serta Advance Pact Sdn. Berhad Malaysia dalam proyek penelitian E-Syakl dan Arabic Go. Kepercayaan dari Kemdikbudristek khususnya melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Hibah Competitive dan Matching Fund, PCR mendapat 7 skema hibah pada tahun 2022. Dalam hibah skema internasional, pada tahun 2022, PCR juga mendapatkan pendanaan dari DAAD Jerman dalam bentuk program Empowering Polytechnic Leaders in Indonesia (ERICA). Kemudian, pemberian skema beasiswa bagi mahasiswa PCR dari pemerintah pusat melalui beasiswa KIP, beasiswa BRIN, Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Pemerintah Kota Dumai, dan segera menyusul dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Beberapa staf PCR juga dipercaya oleh pemerintah daerah dan kementerian sebagai tenaga ahli, anggota majelis BAN PT, asesor LAM/BAN PT, reviewer, maupun fasilitator nasional.

Pengelolaan Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PCR saat ini dibantu dengan menggunakan BP2M management System yang dapat diakses pada https://bp2m.pcr.ac.id. Seluruh mekanisme proses hingga pelaksanaan penelitian terecord dalam sistem tersebut mulai dari pengusulan, penilaian awal, monitoring dan evaluasi (monev) hingga pelaporan dan penilaian akhir.

  

Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2022 dilaksanakan melalui sistem spmi.pcr.ac.id. Kegiatan AMI dilaksanakan 2 kali yaitu AMI Akademik dan AMI non Akademik. AMI untuk program studi periode 2022 dilaksanakan pada tanggal 05 September 2022 - 14 September 2022 dan AMI untuk bagian/unit periode 2021 dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2022 - 31 Januari 2023. Hasil dari AMI adalah berupa temuan kesesuaian dan temuan ketidaksesuaian terhadap capaian indikator untuk menemukan ruang-ruang perbaikan pada program studi dan bagian/unit pelaksanaan teknis.