Program Studi Sistem Informasi


Program Studi Sistem Informasi  Diploma IV merupakan salah satu prodi di jurusan Komputer. Tujuan dari pendirian  program studi ini adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komputer yang semakin berkembang dengan pesat dan juga semakin berkembangnya kebutuhan tenaga pengajar untuk institusi pendidikan vokasi.

Prodi ini merupakan program sarjana sains terapan (D-IV) pertama se-Sumatera. Pada Program Studi Sistem Informasi ini, mahasiswa akan menguasai program aplikasi bisnis, pemanfaatan media informasi dalam bentuk sistem informasi , data warehouse, manajemen yang dibutuhkan perusahaan (Enterprise Resource Planning, Customer Relationship Management, dan Supply Chain Management.

Mahasiswa di prodi ini juga didik untuk memiliki soft skill dalam hal penyesuaian diri dengan dunia kerja, bekerja dalam tim dan bagaimana memimpin sebuah tim yang hebat dan solid. Semua itu bisa diwujudkan karena 70 persen proses belajar dilakukan dengan praktek dan sebagian kecil saja yang merupakan teori. Dalam sistem informasi ini, ada tiga program utama yang harus dikuasai mahasiswa sehingga mereka akan unggul dibandingkan dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Tiga program ini terkait dengan Enterprise Resource Planning atau pengelolaan sumber daya. Kemudian Customer Relation Management dan Supplay Chainned Management. Mahasiswa harus bisa menguasai dan membuat tiga program sistem informasi ini untuk sebuah perusahaan. Untuk tujuan penguasaan tersebut, mahasiswa prodi ini didukung dengan delapan laboratorium di antaranya lab jaringan pemograman, web programming dan sistem operasional. Lulusan prodi ini adalah orang-orang yang memiliki skill teknis terlatih baik dalam hal programming maupun dalam penguasaan aplikasi jaringan. Para alumni dari prodi ini bekerja di sejumlah perusahaan ternama seperti Chevron, Schlumberger, Pertamina, di sejumlah bank, teknisi IT dan wiraswasta.

 Visi dan Misi Program Studi Sistem Informasi 

Visi :

"Diakui Sebagai Program Studi Unggul dalam Bidang Teknologi Sistem Informasi pada Tingkat Nasional Maupun ASEAN pada Tahun 2031"

Misi :

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi bidang teknologi sistem informasi yang relevan dengan kebutuhan dunia industri baik tingkat Nasional maupun ASEAN.
  2. Menciptakan budaya akademik dan budaya organisasi yang berkarakter dan bermartabat
  3. Melaksanakan riset terapan di bidang teknologi sistem informasi dan mengimplementasikannya bagi masyarakat.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi khususnya bidang teknologi sistem informasi industri, dan budaya organisasi.

Sertifikat Akreditasi Program Studi Sistem Informasi :

Sertifikat Akreditasi Sistem Informasi masa berlaku 2016 - 2021               Sertifikat Akreditasi Sistem Informasi masa berlaku 2011 - 2016

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan