Indeks Berita

PCR Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi Oleh Majelis Akreditasi BAN-PT

PCR Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi Oleh Majelis Akreditasi BAN-PT

  • Berita

Pekanbaru (17/10) - Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menggelar Desiminasi Kebijakan Akreditasi dan pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi di Kampus Politeknik Caltex Riau. Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari perguruan tinggi yang ada di Kota Pekanbaru meliputi Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Abdurrab, STIKES dan STMIK Hangtuah. Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si, M.Sc. Pada sambutannya ia  mengucapkan terimakasih kepada Majelis Akreditasi BAN-PT yang memilih PCR menjadi tempat kegiatan.  Dadang menyebutkan, Akreditasi menjadi salah satu indikator reputasi sebuah perguruan tinggi, termasuk PCR. Hingga saat ini, 50 % Program Studi Politeknik Caltex Riau sudah meraih nilai A. Ini menjadi kebanggaan bagi sivitas akademika PCR. Selama sosialisasi berlangsung, para peserta sangat antusias saat para narasumber memaparkan tentang kebijakan-kebijakan baru pada sistem akreditasi perguruan tinggi dan menjawab beberapa pertanyaan. Narasumber yang hadir pada Desiminasi ini adalah Prof. Dr. Mustanir Yahya, M.Sc. dan Dr. Drs. Iwan Mulyawan, M.B.A. Mustanir menjelaskan bahwa tugas dari Majelis BAN-PT salah satunya membuat kebijakan. “Kita memiliki tugas salah satunya membuat kebijakan. Dalam membuat kebijakan kami juga perlu tahu bagaimana kondisi di lapangan,” jelasnya. Ia juga menambahkan salah satu tujuan kita pada kegiatan ini adalah mencari masukan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah kita buat.  “Majelis Ban-PT ingin mencari masukan-masukan terhadap kebijakan yang kita buat kepada para perwakilan perguruan tinggi yang hadir pada acara ini. Selain itu, Kita juga ingin mensosialisasikan kebijakan yang sudah kita lahirkan pada tahun 2017 maupun 2018”, tambahnya Pada akhir sesi, Mustanir berharap para perguruan tinggi untuk semakin aware dan fokus dengan kualitas mutu dan selalu taat dengan regulasi yang telah ditetapkan.  

Read more

PCR Latih Tim Robot MAN 1 Kuansing

PCR Latih Tim Robot MAN 1 Kuansing

  • Berita

Pekanbaru (8/10) -  Politeknik Caltex Riau (PCR) mengadakan pelatihan robotika bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi. Kegiatan ini dimulai pada hari senin 8 Oktober 2018 hingga Jumat 13 Oktober 2018 di Kampus Politeknik Caltex Riau. Pelatihan ini diikuti oleh 4 orang siswa bersama guru pendampingnya Prima Wahyudi, S.T. dan dosen program studi Teknik Mekatronika Made Rahmawaty, S.T,M.Eng dibantu 4 orang mahasiswa Teknik Mekatronika dan Teknik elektronika. Dosen pendamping pada pelatihan ini Made Rahmawaty mengatakan, kegiatan ini sudah dua kali kita adakan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama PCR dengan MAN 1 Kuansing ini. “Pada hari pertama para siswa difokuskan pada pengenalan komponen, rangkaian dan software. Hari selanjutnya para siswa dilatih untuk merakit, merangkai rangkaian elektronika dan pemrograman robot tersebut,” jelasnya Sementara itu, prima menjelaskan pelatihan ini kita persiapkan untuk tim robot MAN 1 Kuansing yang akan mengikuti lomba robot nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama mendatang. “Tahun ini Kementrian Agama kembali mengadakan lomba robot, kita akan menurunkan 1 tim pada lomba ini. Pada pelatihan ini kita memfokokuskan para siswa yang tergabung dalam tim pada rangkaian dan pemrograman nya.” Ujarnya Selain itu kami berharap pada lomba robot tingkat nasional tahun ini bisa meraih prestasi di beberapa kategori yang dilombakan.

Read more

Tingkatkan Kualitas, Politeknik Kementerian Ketenagakerjaan Studi Banding Ke PCR

Tingkatkan Kualitas, Politeknik Kementerian Ketenagakerjaan Studi Banding Ke PCR

  • Berita

Pekanbaru – Politeknik Caltex Riau menerima rombongan dari Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) yang dipimpin langsung oleh Direktur Retna Pratiwi, SH, M.Hum. bersama dengan jajarannya dalam rangka studi banding. Pertemuan ini berlangsung pada hari kamis 5 Oktober 2018 di Gedung Rektorat Politeknik Caltex Riau.

Read more

Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi, Dosen PCR Lakukan PKM Terhadap UKM Kerupuk Opak

Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi, Dosen PCR Lakukan PKM Terhadap UKM Kerupuk Opak

  • Berita

Pekanbaru – Salah satu bentuk wujud Tridharma Perguruan Tinggi adalah setiap pengajar wajib melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

Read more

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen PCR Membuat Modul Praktik Fisika Untuk SMA N 1 Siak

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen PCR Membuat Modul Praktik Fisika Untuk SMA N 1 Siak

Pekanbaru (25/9) – Dosen Politeknik Caltex Riau (PCR) membuat modul praktik fisika listrik arus searah untuk SMA N 1 Siak. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen prodi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Telekomunikasi. Pada PKM ini, Tim Dosen PCR beranggota Riski Dian Rahayani S,T.,M.T.  dan Wahyuni Khabzli, S.T.,M,T.  dibantu oleh beberapa mahasiswa dari dua prodi tersebut untuk membuat modul praktik fisika listrik arus searah ini. Kegiatan ini berlangsung pada senin 17 September 2018.

Read more

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan