SiPePLi Wakili PCR Dalam Kegiatan Pameran Inovasi Berbasis Teknologi: Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2018 di Yogyakarta

Tim SiPePLi PCR yang diketuai oleh Ardianto Wibowo mewakili PCR dalam kegiatan Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2018 di Yogyakarta. Ardianto Wibowo didampingi Tim SiPePLi lain yaitu Muhammad Ihsan Zul, Muhammad Mahrus Zain dan Leyon Priyan Gusdi sebagai perwakilan BP2M PCR. Tim SiPePLi merupakan satu-satunya perwakilan PCR yang menerima Hibah CPPBT tahun 2018 dari Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kemenristekditi, Prof. Mohammad Nasir, Ph.D pada hari Kamis, 25 Oktober 2018.

 

Kegiatan ini merupakan pameran inovasi tahunan hasil karya inovator-inovator di seluruh indonesia di bawah binaan Dirjen Penguatan Inovasi. Melalui kegiatan ini masyarakat dapat melihat hasil karya inovasi anak-anak bangsa yang dapat dimanfaatkan sebagai solusi berbagai bidang kehidupan, seperti teknologi, pangan, energi, material, obat-obatan dan kesehatan dan lain-lain. Pada kegiatan ini juga dilakukan monev hasil capaian pelaksanaan PPBT dan CPPBT yang dilaksanakan pada hari ketiga. Monev ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaporan hasil dan capaian yang diusulkan oleh penerima hibah. 

Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 25 – 28 Oktober 2018. Kegiatan ini diisi dengan serangkaian kegiatan seminar yang melibatkan berbagai tokoh, pengusaha, lembaga dan institusi yang berperan dalam mendukung kemajuan industri di indonesia, termasuk perusahaan-perusahaan start up. Materi seminar meliputi tentang strategi keuangan, tata kelola start up, Investor-investor start up, kebijakan pengelolaan keuangan dan investasi bagi start up, izin usaha, BPPOM dan lain-lain.

Kegiatan dilaksanakan di Atrium Jogja City Mall Provinsi DI Yogyakarta. Sedangkan kegiatan Monev dilaksanakan di Jogja City Hotel yang berdampingan dengan Jogja City Mall. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat luas yang sedang berkunjung ke Jogja City Mall. Masyarakat sangat antusias melihat hasil-hasil inovasi yang dipamerkan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata sumbangsih anak bangsa dalam mengembangkan inovasi yang dapat dijadikan solusi bagi kehidupan masyarakat. Dalam kagiatan ini juga hadir beberapa perusahaan start up mandiri yang berhasil memasarkan karya inovasi mereka. Para founder start up tersebut diperkenalkan oleh Menteri Ristekdikti.

Saat pelaksanaan Pameran, booth SiPePLi termasuk salah satu booth yang ramai dikunjungi. Masyarakat sangat antusias melihat solusi yang ditawarkan oleh SiPePLi. SiPePLi merupakan sebuah sistem yang dikembangkan dengan menerapkan pengolahan citra digital. Sistem ini memiliki 3 fitur yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti parkir liar, deteksi gerak dan deteksi keramaian. Fitur deteksi gerak dapat dimanfaatkan di rumah dan di tempat usaha. Sistem ini menawarkan kemampuan yang dapat mencegah terjadinta tindak kriminal dan atau pelanggaran. Sistem memiliki kemampuan untuk menginformasikan kondisi area yang dipantau secara real time melalui telegram, aplikasi mobile dan SMS. Sistem ini sangat mudah digunakan dan dapat diimplementasikan sebagai solusi keamanan, dan ketertiban. 

Menristekdikti

Booth SiPePLi 

  • Berita
Bagikan ke teman