Guna Meningkatkan Kualitas Pengajaran, Tim Kurikulum Prodi Ikuti Workshop Kurikulum

Pekanbaru (29/11) – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran, dosen yang terdiri dari Direktorat, Kepala Program Studi (Kaprodi), Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan tim penyusun kurikulum tiap prodi mengikuti workshop kurikulum.

Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T.,M.T. selaku Pembantu Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan tujuan workshop kulikulum yakni untuk meriview dan memastikan kurikulum yang ada pada setiap program studi berjalan sebagaimana mestinya.

“Workshop ini dilakansanakan untuk mereview kurikulum setiap program studi yang ada di PCR. Ini merupakan salah satu upaya agar kurikulum yang kita gunakan selau up to date, sesuai dengan kondisi saat ini dan berorientasi ke masa depan”, ujarnya

Kegiatan ini digelar di Auditorium Politeknik Caltex Riau selama dua hari pada 28-29 November 2018 dengan menghadirkan Dr. Nes Yandri Kahar sebagai narasumber. Pada hari pertama disini presentasi yang menjelaskan filosofi kurikulum, bagaimana perbedaan Pendidikan strata dan diploma serta tahapan penyusunan kurikulum sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Dalam presentasinya Dr. Nes Yandri Kahar menyebutkan banyak langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum diantaranya yaitu merumuskan tujuan Pendidikan, menyusun pengalaman belajar, mengelola pengalaman belajar serta menilai pembelajaran.

Ia juga menambahkan bahwa kurikulum pada Pendidikan Strata tidak bisa disamakan dengan Diploma. “Pendidikan diploma menghasilkan lulusan yang mampu mentranformasikan teknologi menjadi produk. Salah satu kurikulum pembelajarannya difokuskan untuk mempelajari kecakapan-kecapakan praktis”, pungkasnya

Pada kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan review kurikulum setiap program studi.

  • Berita
Bagikan ke teman