Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Mengadakan Hitech 2 Sebagai Himbauan Berpikir Kritis di Revolusi Industri 4.0

Pekanbaru(8/3) - Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi  Politeknik Caltex Riau akan menggelar sebuah kompetisi yang diselenggarakan se-Indonesia demi membangun dan melatih daya pikir yang kritis untuk menghadapi masa depan yang gemilang. Acara lomba tahun ini merupakan yang kedua kalinya yang diadakan oleh Himasistifo sebelumnya pada tahun 2016.

Sesuai dengan mottonya, HITECH 2 selalu menyelipkan pada setiap postingan instagramnya dengan tag @hitech_pcr dan hashtag yaitu #JumpToTheHighLevel, dimana HITECH 2 ingin mengajak masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar SMA untuk menambah wawasan dan pengalaman agar kualitas masing-masing individu dapat lebih ditingkatkan lagi dengan kasus atau masalah. Perbedaan antara HITECH sebelumnya dengan HITECH 2 ini adalah scope peserta dan juga perlombaannya. Dimana pesertanya dapat datang dari berbagai kota di Indonesia sedangkan perlombaannya terdiri dari Business Case Competition, E-Government dan Gen Z Opinion. Diharapkan dengan adanya ketiga kompetisi ini peserta bukan hanya berlomba untuk menjadi juara namun peserta dapat menggali pengetahuannya tentang lingkungan sekitar yang berkaitan dengan pendidikan, bisnis, teknologi, dll.

HITECH 2 terdiri dari 3 agenda, yang pertama yaitu Pra HITECH. Pra-Hitech adalah sebuah acara pembukaan untuk menyambut HITECH 2. Diharapkan dengan adanya pra-Hitech ini, masyarakat dapat mengenali lebih jauh bahwa HITECH 2 bukanlah sekedar acara kompetisi, namun juga merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan kompetensi dan menciptakan peluang. Pada Pra HITECH terdapat 2 acara lagi yaitu HI-Workshop yang telah dilaksanakan pada 15 Desember 2018 dan HI-Developer yang telah dilaksanakan pada 19 Januari 2019. HI-Workshop merupakan sebuah workshop tentang bahasa program hybrid yang mana dalam 1 kali perancangan dapat mengkonversikan 2 coding dengan jenis berbeda, yaitu dalam bahasa swift dan android menggunakan IOT thing using node js and raspberry pi. Sedangkan HI-Developer merupakan sebuah wadah untuk para developer yang ingin mengembangkan usaha jasa software mereka, khususnya teruntuk warga Himasistifo Politeknik Caltex Riau. Agenda HITECH 2 selanjutnya yaitu Hi Talk, merupakan salah satu bagian yang ada di dalam HITECH 2 yang akan menghadirkan beberapa pembicara dari berbagai kalangan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan terhadap peserta maupun masyarakat. Dan agenda yang terakhir adalah Lomba, merupakan acara puncak HITECH 2 yang nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2019 hingga 17 Maret 2019.

Pada penggelaran acara di hari H yaitu pada tanggal 16 Maret 2018 hingga 17 Maret 2019, semua perlombaan akan dilaksanakan. Acara ini akan diselenggarakan di Kampus Politeknik Caltex Riau. Semua peserta akan mengikuti lomba sesuai kategori masing-masing. Pada akhir acara akan diberikan sertifikat peserta sebagai bentuk apresiasi karena telah mengikuti perlombaan pada acara HITECH 2. (rls)

  • Berita
Bagikan ke teman