Pertama di Sumatera, Politeknik Caltex Riau (PCR) Buka Pendaftaran S2 Terapan Teknik Komputer

Pekanbaru (22/6) – Politeknik Caltex Riau (PCR) membuka pendaftaran program studi S2 Terapan Teknik Komputer. Pendaftaran ini dibuka mulai tanggal 22 Juni – 24 Jui 2020. Pendaftaran dilakukan secara online di website  pmb.pcr.ac.id.

 

Ketua Tim Task Force Program Pascasarjana Magister Terapan Politeknik Caltex Riau Dr. Yohana Dewi Lulu Widyasari, S.Si., M.T. mengatakan bahwa Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer ini merupakan yang pertama di Sumatera.

“PCR merupakan menjadi perguruan tinggi pertama di Sumatera yang membuka program studi Magister Terapan pada bidang Teknik Komputer. Pembukaan program magister ini sudah mendapatkan izin dari Kemdikbud yang ditandai dengan telah terbitnya Surat Keputusan (SK) Mendikbud No 534/M/2020 tertanggal 15 Mei 2020,”

Ia juga mengungkapkan bahwa pada tahap awal tahun ajaran pertama ini, penerimaan mahasiswa baru program Magister Terapan akan dibuka untuk satu kelas.

“Pada tahun ajaran 2020/2021 Ganjil ini  kita membuka  satu kelas program magister terapan yang berkapasitas sekitar 25 mahasiswa.  Adapun lulusan yang dapat mendaftar dalam program pascasarjana ini meliputi lulusan yang berkaitan dengan  bidang sistem informasi dan informatika baik dari jenjang D4 maupun S1. Program Studi ini memiliki konsentrasi pada bidang cyber security, data engineering dan data science, application development, system integration,” ungkapnya

Yohana juga menjelaskan bahwa model pembelajaran yang akan diterapkan pada program ini pembelajaran reguler dengan jumlah jam praktikum sebesar 75% dan 25% teori. Pada awal tahun masuk diberikan matrikulasi bagi seluruh mahasiswa baru khususnya terkait materi jaringan komputer lanjut dan basis data lanjut sebagai prasyarat pada mata kuliah disemester-semester selanjutnya.

 

Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. pembukaan Program Pascasarjana Magister Terapan ini bertujuan untuk memberikan alternatif pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan SDM profesional secara kompeten.

"Program PascasarjanaMagister Terapan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja. Selain aspek teknis yang semakin dimatangkan, maka aspek softskills dan kepemimpinan merupakan karakter keunggulan lulusan program ini," ungkap Dadang

Selain itu, PCR ingin turut berkontribusi mensukseskan visi Pemerintah Provinsi Riau khususnya dalam meningkatkan tata kelola dengan menerapkan teknologi informasi yang dimulai dari sumber daya manusianya. Di sisi lain program ini juga ditujukan meningkatkan kualitas lulusan SMK di Provinsi Riau melalui peningkatan jenjang akademik dan kompetensi guru-guru SMK.

Adapun tanggal-tanggal penting dan persyaratan pada pendaftaran Program Pascasarjana Magister Terapan Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau. Periode Pendaftaran dibuka 22 Juni – 24 Juli 2020. Seleksi wawancara 3 – 7 Agustus 2020, pengumuman 14 Agustus 2020 dan daftar ulang pada 18 -25 Agustus 2020.

Untuk persyaratan pendaftaran antara lain membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000, melampirkan scan ijazah dan transkip asli, pasfoto, surat rekomendasi dari 2 orang, IPK minimal 2.75, skor TPA minimum 450 dan TOEFL 475.

 

Informasi penjelasan tentang pendaftaran mahasiswa baru program reguler dan magister terapan dapat menghubungi 0811-758-0101, https://magister.pcr.ac.id atau bisa melalui email di pmb@pcr.ac.id

 

  • Berita
Bagikan ke teman