Dosen Teknik Komputer PCR Hibahkan Aplikasi Bank Sampah ke DLHK Kota Pekanbaru

Pekanbaru (12/4) – Untuk mendukung solusi penyelesaian masalah sampah di Kota Pekanbaru, Dua Dosen Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau membuat aplikasi bank sampah digital. Aplikasi ini nantinya akan terapkan di seluruh bank sampah dibawah naungan DLHK Kota Pekanbaru.

 

Aplikasi bank sampah ini dinamai dengan Basada dikembangkan oleh Yuli Fitrisia, S.T., M.T., Mardhiah Fadli, S.T., M.T. dan beberapa mahasiswa Politeknik Caltex Riau. Penyerahan aplikasi ini dilakukan pada hari Kamis, 8 April 2021.

“Ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama antara Politeknik Caltex Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru. Untuk pengembangan aplikasi ini kita membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Mulai proses penelitian, perancangan hingga pembuatan aplikasi,” ungkap Yuli Fitrisia

Uli juga menjelaskan bahwa aplikasi ini nantinya terdapat dua versi yakni versi web dan versi android. Aplikasi web ini nantinya akan digunakan oleh operator DLHK, operator Bank Sampah Induk dan operator Bank Sampah Unit. Sedangkan aplikasi mobile android digunakan oleh nasabah.

“Untuk aplikasi Basada mobile android akan segera tersedia di Playstore, kita menunggu pihak DLHK Kota Pekanbaru untuk proses uploadnya. Sebelum rilis, kita juga memberikan pelatihan kepada seluruh operator yang nantinya akan menggunakan aplikasi ini,” tambahnya

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru Marzuki mengapresiasi Politeknik Caltex Riau atas kontribusi dan bantuan dalam pembuatan aplikasi ini.

“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh sivitas akademika Politeknik Caltex Riau yang turut serta dalam pengembangan aplikasi Basada ini. Saya berharap dengan adanya aplikasi ini nantinya masyarakat dapat lebih mengenal bank sampah melalui aplikasi ini,” tutupnya

Adapun fitur-fitur yang akan tersedia pada aplikasi Basada ini adalah melakukan jual sampah, melihat saldo, melihat katalog bank sampah serta melihat histori transaksi yang dilakukan melalui aplikasi basada.

  • Berita
Bagikan ke teman