Gandeng HIMASISTIFO PCR, Dosen Sistem Informasi Memberikan Pelatihan Figma kepada Siswa SMP Islam As Shofa Pekanbaru

Pekanbaru (11/12) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Sistem Informasi bersama Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASISTIFO) Politeknik Caltex Riau telah memberikan pelatihan desain pengalaman pengguna (UI/UX) menggunakan aplikasi Figma kepada Siswa SMP Islam As Shofa Pekanbaru.

 

Sasaran dan tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan literasi digital dan kompetensi dibidang TIK bagi siswa sekolah tersebut.  Kegiatan dilaksanakan pada Lab Komputer SMP Islam As Shofa Pekanbaru dan dilaksanakan sebanyak 10 pertemuan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah  Satria Perdana Arifin, S.T., M.T.I selaku ketua PKM, anggota Indah Lestari, S.S.T., M.T. dan Muhammad Mahrus Zain, S.S.T., M.T.I.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa HIMASISTIFO diantaranya Angelique Priscilia, Fatur Raihan Ajie Maulana, Miftahul Jannah Parinduri, Meisya Khairani dan Eileen Noviana.

Indah selaku Ketua Program Studi mengungkapkan, koordinasi dan sinergi antara program studi, dosen, mahasiswa HIMASISTIFO, SMP Islam As Shofa Pekanbaru dan para siswa yang sangat baiklah yang mendukung program ini dapat sukses dilaksanakan secara berkesinambungan selama 3 tahun berturut-turut. Beberapa topik diusung sesuai kebutuhan sekolah dan kesesuaian dengan profil program studi Sistem Informasi PCR, mulai dari Berpikir Komputasi, Pemrograman Dasar dan pada tahun ini Desain UI/UX.

Melalui program ini diharapkan profil Program Studi Sistem Informasi PCR semakin dikenal luas dan baik oleh para siswa yang dapat menjadi calon mahasiswa PSSI PCR di masa yang akan datang. Mahasiswa yang terlibat pun mendapat pengalaman softskill berharga melalui implementasi ilmu yang dimiliki dan berbagi ilmu pada siswa SMP Islam As Shofa Pekanbaru serta HIMASISTIFO dapat terus berkembang dan bermanfaat untuk kegiatan positif di luar kampus.

Sementara itu, Wiwit Muliana S.SI selaku Kepala Sekolah SMP Islam As Shofa Pekanbaru mengatakan besar harapannya agar kampus PCR senantiasa bersinergi dengan sekolah untuk memajukan sumber daya manusia Indonesia, khususnya untuk anak Pekanbaru.

“Besok kita buat lagi ya pak, kalau bisa yang lebih canggih lagi agar anak kita semakin tertarik di bidang komputer ini”, pungkasnya

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedbaik yang baik bahwasanya kegiatan ini memberi wawasan baru bagi mereka terkait ilmu pengetahuan yang diperoleh. Para peserta berharap kegiatan pelatihan ini terus berlanjut lagi kedepannya.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman